Kamis, 20 Maret 2014

Bersaksi dalam Situasi Sulit

20 Maret 2014
Kamis, 20 Maret 2014


Bacaan Alkitab hari ini: 1 Raja-raja 18

Pada umumnya, manusia selalu berusaha menghindar dari risiko yang bisa merugikan dirinya. Sayangnya, kita tidak selalu bisa menghindar dari risiko. Apa pun juga yang kita lakukan selalu mengandung risiko. Melakukan hal yang baik pun juga kadang-kadang membuat kita harus berhadapan dengan risiko yang bisa membuat kita mengalami kerugian. Demikian pula halnya dengan kesaksian hidup kita sebagai umat beriman. Bila kita menunggu sampai tidak ada risiko, mungkin kita tidak akan pernah bersaksi.

Obaja, kepala istana Kerajaan Israel Utara, adalah seorang yang berani mengambil risiko dalam situasi yang sulit. Dia adalah seorang yang sungguh-sungguh takut akan TUHAN, tetapi dia harus melayani Raja Ahab yangmenentang TUHAN. Ratu Izebel, yaitu istri Raja Ahab, hendak melenyapkan nabi-nabi TUHAN. Secara diam-diam, Obaja menentang rencana tersebut dan dia menyembunyikan seratus nabi TUHAN dalam gua, serta mengurus makanan dan minuman mereka (18:3-4). Tindakan Obaja ini amat mengesankan, apalagi mengingat bahwa Obaja adalah orang biasa, bukan nabi! Dia berani mengambil risiko: Bila tindakannya ketahuan, dia pasti akan dibunuh oleh Ratu Izebel!

Pada masa kini, setiap orang yang sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan Yesus adalah saksi Kristus (Lihat Lukas 24:48; Kisah Para Rasul 1:8). Sayangnya, ada banyak saksi Kristus yang tidak berani mengambil risiko sehingga memilih bungkam saat mendapat kesempatan untuk bersaksi. Sebenarnya orang Kristen tidak perlu takut bersaksi! Yang harus diingat adalah bahwa bersaksi tidaklah berarti memaksa orang lain mengikuti keyakinan kita serta bahwa bersaksi harus dilakukan secara sopan dan bijaksana. [P]


Kisah Para Rasul 1:8
“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.
Pokok Doa
1. Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika (BMKG).
2. Pelayanan gereja terhadap anak berkebutuhan Khusus.
3. Para Pembina Sekolah Minggu di GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design