Kamis, 19 Maret 2015

Pembalasan adalah Hak Tuhan

19 Maret 2015
Kamis, 19 Maret 2015


Bacaan Alkitab hari ini: Mazmur 94-95


Pemazmur memulai tulisannya dengan seruan yang sungguh-sungguh kepada Allah oleh karena penindasan yang dilakukan oleh para musuhnya. Pemazmur meminta agar Allah membalas penindasan yang dilakukan oleh para musuh. Apa yang mendorong pemazmur untuk berseru siang dan malam kepada Tuhan?

Pertama, keyakinan bahwa Allah adalah satu-satunya yang dapat membalaskan perbuatan jahat (94:23). Allah adalah hakim yang adil (9:5). Dia adalah satu-satunya hakim yang dapat menghakimi setiap orang dengan keadilan dan kebenaran (9:9). Allah menghakimi orang sesuai dengan perbuatannya dan sesuai dengan peraturan yang ada. Kedua, dengan kuasa-Nya, Dia mampu membinasakan musuh-musuh umat-Nya. Seperti halnya Dia mempunyai wewenang untuk membalaskan kesalahan, membalaskan kesalahan sudah menjadi sifat, hak milik, dan kehormatan-Nya.

Mungkin kita pernah mengalami ditindas, diperlakukan curang, atau dikhianati. Yang lebih menyakitkan lagi adalah jika hal itu dilakukan oleh orang terdekat kita. Kekecewaan yang kita alami seringkali mendorong kita untuk melakukan aksi balas dendam kepada orang yang telah menyakiti hati kita. Secara manusia, hal ini wajar karena hati kita telah dilukai. Namun, kita perlu mengingat bahwa pembalasan itu bukanlah hak kita, melainkan hak Tuhan. Oleh karena itu, marilah kita belajar untuk berharap kepada Tuhan. Biarkan Tuhan sendiri yang bekerja dengan caranya yang ajaib untuk memberikan pembalasan sesuai dengan waktu-Nya yang tepat kepada orang-orang yang menyakiti hati kita. Percayakan masalah kita kepada Tuhan. Biarkan Dia yang bertindak dan turun tangan mengatasi setiap masalah yang kita hadapi. [YU]

Roma 12:19

”Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku.
Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.”.
Pokok Doa
1. Kementerian Pertanian.
2. Pusat Pelatihan Misi Terpadu (PPMT).
3. Majelis & Staf Bidang PI Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design