Selasa, 17 Maret 2015

Menghitung Hari

17 Maret 2015
Selasa, 17 Maret 2015


Bacaan Alkitab hari ini: Mazmur 90-91


Mazmur 90 merupakan doa Musa. Doa ini dimulai dengan pujian atas perhatian Allah sepanjang waktu kepada umat-Nya. Pada saat bangsa Israel berada di Mesir, mereka hidup sebagai budak, mereka ditekan dan mengalami penindasan. Meskipun demikian, Allah menjadi tempat perlindungan bagi mereka. Umat yang ditindas dan malang itu masih tetap bertahan hidup dan terpelihara. Catatan pada 90:2 ini menunjukkan kepada kita bahwa Allah itu kekal. Dia sudah ada sejak purbakala.

Untuk mengakui kekuasaan tertinggi Allah atas manusia dan kuasa-Nya yang tidak ada bandingan-Nya serta tidak dapat diragukan lagi, Musa menunjukkan di 90:3-12, bahwa Allah mampu untuk mengembalikan manusia kepada debu tanah. Kemudian, manusia digambarkan akan hanyut seperti mimpi, seperti suatu giliran pada waktu jaga, seperti rumput yang bertumbuh, berkembang di waktu pagi, di waktu petang lisut dan layu.

Musa meratapi kelemahan dan kesementaraan hidup manusia. Dia mengatakan bahwa masa hidup manusia 70 tahun, jika kuat bisa mencapai 80 tahun (90:10). Ini membuktikan bahwa manusia tidak kekal. Oleh karena itu, Musa dalam doanya di ayat 12 berkata, “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, sehingga kami beroleh hati yang bijaksana.” Ketika menyadari bahwa betapa singkatnya hidup manusia, maka sudah seharusnya—selama di dunia—kita harus mempergunakan setiap waktu dan kesempatan yang ada untuk memuliakan Tuhan.

Bagaimana dengan hidup kita? Sudahkah hidup kita terisi oleh hal-hal yang memperkenankan hati Tuhan atau justru mendukakan hati Tuhan? Jangan sampai menyesal di kemudian hari bila hidup yang kita jalani tidak memberikan makna. Biarlah selama di dunia, kita melakukan hal-hal yang berkenan di hati Tuhan dan menjadi berkat. [YU]

Mazmur 90:12

”Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, sehingga kami beroleh hati yang bijaksana.”
Pokok Doa
1. Kementerian Pertanian.
2. Pusat Pelatihan Misi Terpadu (PPMT).
3. Majelis & Staf Bidang PI Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design