Minggu, 9 Februari 2014

Penguasa yang Sesungguhnya

9 Februari 2014
Minggu, 9 Februari 2014


Bacaan Alkitab hari ini: Yesaya 46-47

Bangsa Babel hanyalah alat di tangan Tuhan untuk menghukum umat Yehuda yang telah jatuh ke dalam dosa. Sayangnya, bangsa Babel bertindak sewenang-wenang—bahkan terlalu kejam—terhadap umat Allah (47:6). Mereka beranggapan bahwa kejayaan mereka disebabkan karena dukungan dari dewa-dewi mereka, khususnya Dewa Bel dan Dewa Nebo yang merupakan dewa-dewa utama yang mereka sembah, padahal sebenarnya tidak demikian! Bila Allah Israel tidak bermaksud memakai mereka untuk menjadi alat untuk menghukum bangsa Israel, mereka tidak mungkin menjadi bangsa yang selalu memenangkan peperangan! Saat Allah memakai bangsa Persia untuk menyelamatkan umat-Nya dengan menghancurkan Kerajaan Babel, barulah nampak jelas bahwa Dewa Bel dan Dewa Nebo yang biasa diarak oleh bangsa Babel merupakan dewa-dewa yang tidak berdaya dan sama sekali tidak memiliki kuasa (46:1-2).

Umat Allah harus senantiasa sadar bahwa Allah yang kita sembah sama sekali berbeda dengan dewa-dewi bangsa-bangsa kafir yang tidak mengenal Allah. Allah yang kita sembah adalah Allah yang bukan hanya mengerti apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi juga Allah yang merencanakan masa depan. Bila Allah memakai bangsa-bangsa kafir untuk menghukum atau untuk menyelamatkan umat-Nya, hal itu berarti bahwa Allah lebih berkuasa daripada bangsa-bangsa tersebut. Walaupun Allah tidak bisa dilihat secara fisik, kehadiran dan campur tangan Allah dalam kehidupan umat-Nya itu nyata! Umat Allah perlu meyakini bahwa Allah yang tidak kelihatan itu adalah Allah yang peduli dan yang memelihara umat-Nya (46:3-4). Allah adalah Penguasa umat manusia yang sesungguhnya.


Yesaya 46:4
“Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan
sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu.
Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus;
Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.”
Pokok Doa
1. Kepolisian RI.
2. Kementerian Perhubungan.
3. Pelaksanaan Vaksinasi di Indonesia.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design