Kamis, 6 Februari 2014

Tak Perlu Takut

6 Februari 2014
Kamis, 6 Februari 2014


Bacaan Alkitab hari ini: Yesaya 43

Sumber kekuatan bagi umat Allah agar tak takut menghadapi masalah adalah janji penyertaan Tuhan. Sapaan “hai Yakub” yang kemudian diganti menjadi “hai Israel” (43:1) menunjukkan bahwa umat Allah yang semula memiliki karakter buruk (Sebutan “Yakub” berarti “penipu”, Kejadian 27:36) telah berubah setelah pembuangan di Babel (Sebutan “Israel” adalah nama yang diberikan Allah kepada Yakub setelah Yakub “memaksa” Allah memberkati dirinya, Kejadian 32:24-28). Dalam bacaan Alkitab hari ini, Allah memperkenalkan diri-Nya sebagai “Penebus” Israel. Dalam kitab Rut, dijelaskan bahwa seorang “penebus” adalah anggota keluarga terdekat yang bertanggung jawab untuk menjaga (menebus) agar tanah warisan keluarga (yang kepala rumah tangganya sudah meninggal) tetap menjadi milik keluarga (suku) yang bersangkutan. Melalui sebutan “Penebus” (Yesaya 43:1, 3), Allah menyatakan diri-Nya sebagai Yang bertanggung jawab untuk menjaga umat-Nya. Dengan Allah sebagai “Penebus”, umat Allah tidak perlu takut menghadapi permasalahan apa pun (yang digambarkan sebagai perjalanan melalui “air” dan “api”).

Janji Allah dalam 43:6 bisa diartikan sebagai pemulihan bangsa Israel secara keseluruhan atau sebagai pertobatan dari segala bangsa. Pemulihan bangsa Israel dalam waktu dekat digenapi saat umat Yehuda kembali dari pembuangan, sedangkan penggenapan pemulihan Israel terwujud saat berdirinya negara Israel pada tahun 1948. Akan tetapi, pemulihan bangsa Israel secara rohani (janji pertobatan segala bangsa) masih menanti penggenapannya saat Tuhan Yesus datang kedua kali. Bagi kita sekarang, janji dalam pasal ini merupakan sumber kekuatan dan sumber penghiburan yang seharusnya membuat kita tidak perlu gentar menghadapi tantangan apa pun dalam pelayanan kita.


Yesaya 43:5
“Janganlah takut, sebab Aku ini menyertai engkau,
Aku akan mendatangkan anak cucumu dari timur,
dan Aku akan menghimpun engkau dari barat.”
Pokok Doa
1. Kepolisian RI.
2. Kementerian Perhubungan.
3. Pelaksanaan Vaksinasi di Indonesia.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design