Selasa, 4 Februari 2014

Sumber Penghiburan Umat Allah

4 Februari 2014
Selasa, 4 Februari 2014


Bacaan Alkitab hari ini: Yesaya 41

Dalam bacaan Alkitab hari ini, sebutan “Israel” (41:8, 14, 16-17, 20) terutama menunjuk kepada Israel Selatan (Yehuda). Akan tetapi, janji-janji dalam pasal ini juga dapat dikatakan sebagai janji kepada seluruh umat Tuhan sepanjang zaman. Ada dua pesan utama yang terkandung dalam janji-janji tersebut: Pertama, Allah yang Mahakuasa itu menyertai umat-Nya sehingga umat Allah tidak perlu takut menghadapi tantangan apa pun (41:1-20). Kita perlu menyadari bahwa sebagai sebuah bangsa yang akan ditaklukkan oleh bangsa Babel, bahkan akan menjadi sebuah bangsa yang hidup dalam pembuangan, bangsa Israel secara akal sehat akan menjadi sebuah bangsa yang minder (penakut). Oleh karena itu, keyakinan bahwa Allah yang Mahakuasa itu akan menyertai umat-Nya merupakan keyakinan yang penting untuk menguatkan mental bangsa Israel. Kedua, Allah yang menyertai umat-Nya itu adalah Allah yang menguasai sejarah. Dewa-dewi bangsa-bangsa lain itu tidak mengerti apa-apa dan tidak bisa berbuat apa-apa, sedangkan Allah Israel mengerti dan menguasai masa depan (41:21-29).

Sebenarnya umat Allah pada masa kini pun umumnya memiliki kemiripan dengan umat Israel. Kita seringkali hidup sebagai minoritas di tengah-tengah masyarakat yang memiliki kepercayaan lain. Di negara-negara yang dulu merupakan negara Kristen pun, semakin lama semakin banyak orang yang mulai meninggalkan iman mereka dan memegang keyakinan yang lain. Kita tidak akan sanggup menjalani kehidupan sebagai Kristen sejati bila kita tidak meyakini bahwa Allah yang Mahakuasa dan yang menguasai masa depan itu menyertai kita!


Yesaya 41:10
“Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau,
janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu;
Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau;
Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku
yang membawa kemenangan.”
Pokok Doa
1. Kepolisian RI.
2. Kementerian Perhubungan.
3. Pelaksanaan Vaksinasi di Indonesia.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design