Senin, 3 Februari 2014

Rancangan Allah

3 Februari 2014
Senin, 3 Februari 2014


Bacaan Alkitab hari ini: Yesaya 40

Pasal 40-55 merupakan kata-kata penghiburan dan pengharapan bagi umat Allah yang sedang berada dalam pembuangan. Mengingat bahwa Nabi Yesaya hidup pada zaman sebelum pembuangan, maka kata-kata penghiburan dan pengharapan ini merupakan kata-kata nubuatan yang baru menjadi relevan di masa depan, saat bangsa Yehuda sudah berada di pembuangan. Dalam bacaan Alkitab hari ini, Nabi Yesaya menjelaskan bahwa pembuangan itu dirancang oleh Allah sebagai hukuman atas dosa yang dilakukan oleh umat Yehuda.

Apakah yang menjadi jaminan bahwa umat Allah yang berada dalam pembuangan akan bisa mengalami pembebasan sesudah penghukuman Tuhan itu berakhir? Pertama, perlu diingat bahwa yang menjadi jaminan bukanlah diri umat Allah itu sendiri (yang sedang mengalami kemerosotan), melainkan firman Allah yang tidak pernah berubah atau merosot (40:8). Kedua, yang menjadi jaminan adalah bahwa Tuhan Allah itu berkuasa untuk melaksanakan janji-Nya. Bila umat Allah melihat dirinya sendiri, mereka hanya akan melihat kelemahan dan ketidaksanggupan diri mereka. Akan tetapi, bila mereka memandang Allah, tidak ada sesuatu pun yang mustahil (40:10).

Umat Allah bukan hanya perlu menyadari kemahakuasaan Allah, tetapi juga perlu memahami kepedulian Allah yang digambarkan seperti kepedulian seorang gembala terhadap domba-dombanya (40:11). Kita perlu menanggapi janji Allah dengan iman, bukan dengan logika. Sadarilah bahwa rancangan Allah itu berasal dari diri-Nya sendiri dan tidak pernah didasarkan pada akal manusia. Tindakan Allah itu tidak akan pernah bisa kita atur!


Yesaya 40:13-14
“Siapa yang dapat mengatur Roh TUHAN atau memberi petunjuk kepada-Nya sebagai penasihat?
Kepada siapa TUHAN meminta nasihat untuk mendapat pengertian, dan siapa yang mengajar TUHAN
untuk menjalankan keadilan, atau siapa mengajar Dia pengetahuan dan memberi
Dia petunjuk supaya Ia bertindak dengan pengertian?”
Pokok Doa
1. Kepolisian RI.
2. Kementerian Perhubungan.
3. Pelaksanaan Vaksinasi di Indonesia.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design