2 Raja-raja 11

Ambisi Jahat vs Ambisi Benar

16 Agustus 2021
Pdt. Souw Suharwan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ambisi adalah "keinginan yang besar untuk menjadi (memperoleh, mencapai) sesuatu (seperti pangkat, kedudukan) atau melakukan sesuatu". Jelas bahwa ambisi itu bersifat netral dan merupakan sesuatu yang normal. Artinya, ambisi itu bisa baik atau jahat, tergantung dari motivasi dan tujuan orang yang memiliki ambisi itu. Jadi, yang perlu diwaspadai adalah tujuan dan motivasi yang melatarbelakangi ambisi itu.

Bacaan Alkitab hari ini berkaitan dengan dua orang putri raja yang memiliki ambisi yang berbeda, yaitu Atalya yang ambisinya jahat dan Yoseba yang ambisinya baik. Atalya--istri Raja Yoram--adalah ibu dari Raja Ahazia. Saat mengetahui bahwa suami dan anaknya sudah mati, ia berniat membunuh semua keturunan raja (11:1). Bagaimana mungkin seorang nenek bisa melakukan tindakan yang begitu kejam, yaitu membunuh cucu-cucunya sendiri? Tindakan Atalya yang amat sadis itu bisa dimengerti bila kita mengingat bahwa ia adalah putri raja Ahab dan ratu Izebel yang terkenal jahat (2 Tawarikh 21:6). Ia mempunyai ambisi jahat, yaitu menjadi orang yang paling berkuasa di Kerajaan Yehuda. Ambisi Yoseba--putri Raja Yoram, saudara perempuan Raja Ahazia yang menjadi istri imam Yoyada (2 Tawarikh 22:11)--amat berbeda. Ia menyembunyikan Yoas--anak Raja Ahazia yang masih berusia setahun--bersama dengan inang penyusunya (2 Raja-raja 11:2). Selama enam tahun, Yoseba dan Yoyada menyembunyikan Yoas (11:3) di rumah Tuhan. Mereka mempersiapkan Yoas untuk naik takhta pada usia tujuh tahun (11:4-12). Walaupun harus berhadapan dengan Atalya yang berhati Iblis, Yoseba dan Yoyada berambisi untuk menobatkan Yoas sebagai raja (11:12). Atalya dengan ambisi jahatnya mati dibunuh dengan cara yang tidak hormat (11:15-16). Yoseba dengan ambisi kudusnya membuat seluruh rakyat Yehuda bersukaria (11:20).

Jauhilah ambisi jahat yang akan menghancurkan reputasi dan masa depan kita sendiri! Ambisi jahat akan membuat orang lain marah dan memusuhi diri kita, sehingga nama Tuhan dipermalukan. Kejarlah ambisi kudus dengan motivasi dan tujuan yang benar. Ambisi kudus akan menghasilkan sukacita dan damai sejahtera bagi orang-orang di sekitar kita dan membuat nama Tuhan dipermuliakan. Apakah Anda memiliki ambisi yang kudus?

Pokok Doa
1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
2. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).
3. Badan Pekerja Majelis Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design