Kisah Para Rasul 4:23-31

Menghadapi Ancaman

29 Mei 2021
GI Purnama

Apakah ancaman yang dihadapi oleh Rasul Petrus dan Rasul Yohanes memudarkan semangat mereka dalam memberitakan Injil? Tidak! Roh Kudus yang dicurahkan pada hari Pentakosta membuat semangat mereka dalam memberitakan Injil tidak pernah menjadi pudar! Selain itu, ada dua hal yang membuat mereka tidak kehilangan semangat:

Pertama, mereka menghadapi ancaman dengan mempertahankan kebersamaan. Sesudah dilepaskan dari persidangan di Yerusalem, mereka tidak langsung pulang ke rumah untuk bersembunyi, melainkan menemui teman-teman mereka dan menceritakan apa yang telah mereka alami. Kebersamaan membuat mereka bisa saling mendorong, saling menolong, dan saling menguatkan. Kebersamaan membuat mereka tidak menanggung beban sendirian. Beban yang ditanggung bersama akan terasa lebih ringan. Diskusi akan membuat pemikiran menjadi lebih luas, sehingga tekanan terasa lebih ringan.

Kedua, mereka menghadapi ancaman dengan berdoa bersama memohon keberanian yang berasal dari Roh Kudus (2 Timotius 1:7). Perhatikan bahwa doa bersama yang dilakukan oleh Rasul Petrus, Rasul Yohanes, dan teman-teman mereka itu merupakan respons terhadap pengalaman yang diceritakan oleh Rasul Petrus dan Rasul Yohanes. Doa membuat pikiran dan perasaan mereka terarah kepada Tuhan, bukan terarah kepada masalah yang mereka hadapi. Pikiran dan perasaan yang terarah kepada Tuhan membuat mereka tidak dikuasai oleh rasa takut karena mereka bisa meyakini bahwa Allah itu lebih besar daripada masalah yang mereka hadapi. Mereka meyakini bahwa usaha orang-orang yang hendak melawan Allah itu merupakan usaha yang sia-sia. Oleh karena itu, doa yang mereka panjatkan itu bukan meminta agar masalah disingkirkan oleh Tuhan, melainkan agar mereka tetap berani memberitakan firman Allah (Kisah Para Rasul 4:29), dan Tuhan memberikan kuasa yang diperlukan dalam pelayanan (4:30).

Doa membuat mereka semua yang sedang berkumpul itu menjadi penuh dengan Roh Kudus, sehingga mereka terdorong untuk terus memberitakan firman Allah dengan berani (4:31). Apakah Anda memiliki teman-teman yang biasa berdoa bersama dengan Anda serta saling mendorong, saling menasihati, dan saling menguatkan antara yang seorang dengan yang lain?

Pokok Doa
1. Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
2. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).
3. Youth GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design