Yohanes 16:7-16

Roh Kudus Melanjutkan Karya Kristus

19 Mei 2021
GI Purnama

Saat hendak menyerahkan nyawanya, Tuhan Yesus berkata, "Sudah selesai." Apakah hal itu berarti bahwa karya penebusan sudah dinikmati oleh semua orang? Tidak! Yang sudah selesai adalah apa yang dikerjakan Kristus untuk menebus dosa manusia. Akan tetapi, yang bisa menikmati karya penebusan adalah orang yang percaya kepada Yesus Kristus dan karyanya. Supaya seseorang bisa percaya kepada Kristus, ia harus sadar bahwa dirinya berdosa, meyakini fakta bahwa Kristus telah mati untuk menebus dosa manusia, lalu datang kepada Kristus untuk menerima penebusan dosa yang akan membebaskan dirinya dari penghakiman Allah. Roh Kudus-lah yang akan menginsafkan manusia mengenai dosanya, memimpin kepada seluruh kebenaran tentang penebusan Kristus, dan menumbuhkan keyakinan bahwa penebusan itu membuat kita tidak perlu takut terhadap penghakiman Allah (bandingkan dengan 16:8).

Roh Kudus pula yang memimpin pemberitaan Injil. Kristus-lah yang menjadi Kepala atau Pemimpin gereja. Akan tetapi, Roh Kudus-lah yang melaksanakan kepemimpinan dalam gereja. Ketiga Pribadi dari Allah Tritunggal--Allah Bapa, Yesus Kristus, Roh Kudus--tidak bisa dipisah-pisahkan, baik dalam penciptaan maupun dalam pemeliharaan alam semesta ini. Dalam Kisah Para Rasul 8, seorang malaikat Tuhan menyampaikan perintah kepada Filipus--yang saat itu sedang memberitakan Injil di Samaria--untuk mendatangi seorang sida-sida dari Etiopia--yang sedang berada dalam perjalanan pulang dari Yerusalem ke negerinya. Setelah Filipus selesai menjelaskan tentang Yesus Kristus kepada sida-sida itu, dan sida-sida itu dibaptiskan, Roh Tuhan--atau Roh Kudus--tiba-tiba melarikan Filipus, lalu menempatkan Filipus di Asdod, dan Filipus memberitakan Injil di sepanjang perjalanan dari sana ke tempat tinggalnya di Kaisarea (Kisah Para Rasul 8:26,39,40). Dalam perjalanan misi Rasul Paulus pun kita dapat membaca bagaimana Roh Kudus ikut mengatur perjalanan itu (Kisah Para Rasul 16:6). Oleh karena itu, kita bisa mengatakan bahwa Roh Kudus melanjutkan karya penebusan Kristus, sehingga manfaat penebusan itu bisa dinikmati oleh orang yang percaya kepada Kristus. Apakah Anda pun juga telah ikut serta melanjutkan karya Kristus di kayu salib itu dengan ikut aktif mengikuti pimpinan Roh Kudus untuk memberitakan Injil?

Pokok Doa
1. Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
2. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).
3. Youth GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design