Minggu, 2 Februari 2014

Bahaya Kemapanan

2 Februari 2014
Minggu, 2 Februari 2014


Bacaan Alkitab hari ini: Yesaya 38-39

Saat menghadapi banyak masalah, kita cenderung untuk mengeluh, padahal masalah seringkali merupakan sarana yang membuat kita semakin dekat dengan Tuhan. Kita telah membaca bahwa ancaman dari pasukan Asyur telah membuat Raja Hizkia berada di puncak kedewasaan secara rohani. Dia berhasil menguatkan iman rakyatnya agar tetap mempercayai Allah walaupun situasi yang dihadapi adalah seolah-olah umat Yehuda telah berada di jalan buntu. Saat divonis mati oleh Tuhan pun, Raja Hizkia tetap berharap kepada Tuhan sehingga Tuhan menunda kematian Raja Hizkia selama lima belas tahun (38:1-5).

Setelah Tuhan memperpanjang umur Raja Hizkia dan keadaan negara stabil (tidak ada perang lagi), datanglah utusan dari Merodakh-Baladan bin Baladan, raja Babel untuk memberi selamat atas kesembuhan Raja Hizkia serta meninjau Kerajaan Yehuda. Kedatangan utusan tersebut membangkitkan rasa bangga (bandingkan dengan 2 Tawarikh 32:25) sehingga Raja Hizkia memamerkan seluruh harta bendanya dan seluruh daerah kekuasaannya. Jelas bahwa Bait Allah pun—yang menjadi kebanggaan rakyat Yehuda—ikut diperlihatkan kepada utusan raja Babel tersebut! Akibatnya, Tuhan mengumumkan Keruntuhan Kerajaan Yehuda yang akan terjadi sesudah Raja Hizkia wafat (Yesaya 39:6-7).

Kejatuhan seorang beriman umumnya tidak terjadi saat pencobaan berat datang, tetapi saat keadaan tenang (mapan). Kejatuhan Raja Daud pun terjadi saat ia sedang dalam keadaan santai (2 Samuel 11). Bacaan Alkitab hari ini merupakan peringatan bagi para pemimpin dan aktivis gereja agar tidak jatuh dalam dosa pada masa tua setelah berjuang mempertahankan iman pada masa muda.


Yesaya 39:6
“Sesungguhnya, suatu masa akan datang,
bahwa segala yang ada dalam istanamu dan yang disimpan oleh
nenek moyangmu sampai hari ini akan diangkut ke Babel.
Tidak ada barang yang akan ditinggalkan, demikianlah firman TUHAN.”
Pokok Doa
1. Kepolisian RI.
2. Kementerian Perhubungan.
3. Pelaksanaan Vaksinasi di Indonesia.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design