Senin, 11 Agustus 2014

Hidupmu dalam Kedaulatan Allah

11 Agustus 2014
Senin, 11 Agustus 2014


Bacaan Alkitab hari ini: Yeremia 46


Yeremia menyampaikan kekalahan Mesir di dalam kedaulatan Allah. Di hadapan Tuhan, Mesir merasa bangga dengan kekuatan militernya yang luar biasa. Kekuatan militer Mesir itu digambarkan seperti kekuatan sungai Nil. Kebanggaan terhadap kekuatan kerajaannya itu membuat Mesir memiliki ambisi untuk menaklukkan kota yang lainnya (46:8). Mesir berhasil mengalahkan Yehuda pada zaman raja Yosia, tetapi kemudian dikalahkan oleh Nebukadnesar di Karkemis pada tahun 605 BC.

Kebanggaan Mesir tidak berarti di hadapan Allah. Allah memakai bangsa lain untuk mengalahkan Mesir dan hari kekalahan Mesir oleh Babel sebenarnya adalah hari pembalasan Tuhan dengan memakai Babel menjadi alat-Nya (46:10). Dalam peperangan pada waktu itu, Mesir tidak dapat bertahan menghadapi Babel karena sesungguhnya Allah telah membuat Mesir kalah. Alkitab menyatakan bahwa Allah adalah Raja atas semesta alam (46:18) yang seharusnya seluruh bangsa bertekuk lutut di hadapan-Nya.

Kekalahan Mesir menunjukkan bahwa dewa-dewa Mesir tidak dapat melawan kedaulatan Allah. Bagi orang Yehuda yang lari ke Mesir, hal ini menjadi kegentaran bagi mereka. Mereka pasti menyesal karena telah berpihak pada Mesir. Kepada orang Yahudi ditunjukkan bahwa kehebatan dewa Mesir yang mereka sembah tidak bisa mengalahkan Allah yang sejati. Akan tetapi, orang Yehuda yang ada di pembuangan memiliki pengharapan.

Apakah pentingnya uraian di atas bagi kita? Kenyataan bahwa Allah berdaulat atas bangsa-bangsa dan atas sejarah seharusnya membuat kita tidak takut menghadapi kehidupan ini. Karena hidup kita berada dalam kedaulatan Allah, hal itu berarti bahwa Tuhan akan melaksanakan rencana-Nya dalam kehidupan Anda. [LH]

Yeremia 46:28a

Maka engkau, janganlah takut...demikianlah firman TUHAN,
sebab Aku menyertai engkau...
Pokok Doa
1. Tenaga Kesehatan.
2. SatGas COVID-19.
3. Majelis & Staf Bidang PI Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design