Sabtu, 24 Mei 2014

Teguran yang Mempertobatkan

24 Mei 2014
Sabtu, 24 Mei 2014

Bacaan Alkitab hari ini: Ayub 38

Ketika teguran Tuhan datang, ada dua macam respons, yaitu bersikap rendah hati dan bertobat atau mengeraskan hati dan tidak mau bertobat. Bagaimana sikap Ayub ketika ditegur Tuhan dalam pasal 38-39?

Mulai pasal 38-42, Tuhan berbicara kepada Ayub dan Ayub menjawab. Ayub mendengar firman-Nya yang secara langsung ditujukan kepadanya dari dalam badai. Allah sama sekali tidak menjawab pertanyaan Ayub. Dia tidak meminta maaf karena berdiam diri begitu lama. Dia tidak menyampaikan alasan mengapa Ayub mengalami penderitaan yang dalam. Saat berfirman, Allah memulai dengan teguran. Mengapa Ayub perlu ditegur? Karena Ayub cenderung terlalu percaya diri sehingga dia bersikap arogan dan berani menantang Allah yang dianggap sebagai pihak yang setara dengannya (pasal 31)

Allah menantang pengetahuan Ayub (38:2-3) atas alam semesta (38:4-38). Allah tidak bermaksud menguji Ayub, sebab sudah jelas bahwa Ayub tidak memahami seluruh alam semesta (38:21). Tujuan Allah adalah agar Ayub menempatkan diri secara tepat di hadapan Penciptanya. Teguran Allah lewat pertanyaan-pertanyaan retoris yang panjang (pertanyaan untuk direnungkan yang tidak membutuhkan jawaban) membuat Ayub bertobat dari keangkuhan dan rasa percaya diri yang berlebihan, lalu merendahkan diri di hadapan Allah (39:34-38).

Teguran Tuhan lewat firman-Nya bisa membuat kita kurang nyaman karena teguran itu menuntut kita untuk rela berubah. Akan tetapi, seharusnya respons terhadap teguran adalah bersyukur dan kesediaan untuk taat. Teguran akan membentuk iman dan karakter kita serta mengubah hidup kita dari kecenderungan merasa nyaman dengan kemapanan. Lewat teguran, Allah membentuk kita untuk menjadi semakin rendah hati dan semakin menyerupai Dia. [Souw]

Amsal 12:1
“Siapa mencintai didikan, mencintai pengetahuan, tetapi siapa membenci teguran,adalah dungu.”
Pokok Doa
1. Kementerian Pertanian.
2. Pusat Pelatihan Misi Terpadu (PPMT).
3. Majelis & Staf Bidang PI Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design