2 Raja-raja 24:8-25:30

Anugerah Allah Melampaui MurkaNya

31 Agustus 2021
Pdt. Souw Suharwan

Sekalipun dosa membangkitkan murka Allah, anugerah Allah yang menutupi dosa manusia itu melampaui murka-Nya. "Di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah" (Roma 5:20). Anugerah Allah itu sudah ada saat kita masih menjadi musuh Allah. Betapa besar anugerah-Nya itu!

Kepemimpinan raja-raja yang tidak setia kepada Tuhan membuat Kerajaan Yehuda terpuruk dan mendekati kehancuran. Yoyakhin, anak Yoyakim, adalah keturunan Daud terakhir yang memerintah Yehuda bukan karena diangkat oleh bangsa lain. Allah murka kepada umat-Nya karena mereka tidak setia. Dia menggerakkan Nebukadnezar--raja Babel--untuk menyerang Yerusalem. Nebuzaradan--kepala pasukan pengawal Babel--membakar Bait Allah dan istana raja--kebanggaan rakyat Yehuda--dan rumah penduduk Yerusalem. Tembok sekeliling kota dirobohkan. Semua barang perbendaharaan rumah Tuhan dan perbendaharaan istana raja dirampas. Seluruh penduduk Yerusalem--termasuk tujuh ribu tawanan yang gagah perkasa--diangkut ke Babel sebagai orang buangan. Yang ditinggalkan hanyalah rakyat miskin yang lemah. Zedekia diangkat oleh raja Babel untuk menggantikan Yoyakhin. Karena Zedekia dianggap memberontak, anak-anaknya dibunuh, matanya dibutakan, lalu ia dibelenggu dengan rantai tembaga dan dibawa ke Babel. Murka Tuhan yang menyala-nyala telah menghancurkan kerajaan Yehuda melalui tangan Nebukadnezar. Umat Tuhan harus membayar mahal atas ketidaksetiaan mereka kepada-Nya. Namun, itu bukanlah akhir segalanya, Tuhan ingin memurnikan umat kesayanganNya menjadi bangsa yang baru dan yang setia kepada-Nya setelah masa pembuangan berakhir. Pembebasan Yoyakhin (25:27-30) memberi harapan akan masa depan bagi orang Yehuda yang sedang mengalami masa-masa gelap dalam pembuangan di Babel.

Pengalaman bangsa Yehuda didisiplin oleh Tuhan menjadi pembelajaran berharga bagi kita, agar kita tetap setia dan taat kepadaNya. Apakah Anda pernah didisiplin Tuhan karena Anda telah meninggalkan-Nya? Atau mungkin saat ini Anda sedang menjalani proses itu? Tetaplah setia dan taat kepada Tuhan karena anugerah-Nya melampaui murka-Nya. Setelah proses itu berlalu, ada keindahan hidup yang Tuhan akan tunjukkan kepada Anda.

Pokok Doa
1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
2. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).
3. Badan Pekerja Majelis Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design