2 Raja-raja 6

Doa Mengubah Segala Sesuatu

11 Agustus 2021
Pdt. Souw Suharwan

Bacaan Alkitab hari ini mengingatkan kita pada lagu yang berjudul, "Doa Mengubah Segala Sesuatu". Bunyi kalimat pertama dari lirik lagu itu adalah, "Saat keadaan sekelilingku ada di luar kemampuanku. Kuberdiam diri mencari-Mu. Doa mengubah segala sesuatu." Dalam setiap keadaan, jika kita membawa masalah kita ke hadapan Tuhan, doa bisa mengubah segala sesuatu.

Bacaan Alkitab hari ini membahas kondisi saat bangsa Aram sedang berperang melawan bangsa Israel. Raja Aram murka karena setiap siasat penghadangan untuk membunuh raja Israel selalu gagal. Hal itu terjadi berkali-kali (6:8-11). Ia mengira bahwa ada pegawainya yang berkhianat dengan membocorkan semua rencananya. Salah seorang pegawainya memberi tahu bahwa sebenarnya Elisa-lah yang membocorkan semua rencana penghadangan itu. Raja Aram yang murka itu lalu memerintahkan sepasukan tentara beserta kuda dan keretanya untuk menangkap Nabi Elisa. Pasukan itu tiba di Dotan--tempat Elisa tinggal--pada waktu malam, dan langsung mengepung kota itu (6:13-14). Karena jumlah mereka sangat banyak, tidak ada celah bagi Nabi Elisa untuk meloloskan diri dari kepungan tentara Aram. Saat bangun, pelayan Nabi Elisa kaget melihat banyaknya tentara yang mengepung mereka. Ketika dia melaporkan situasi genting itu kepada majikannya, Nabi Elisa tidak panik. Dia berkata kepada pelayannya, "Jangan takut, sebab lebih banyak yang menyertai kita dari pada yang menyertai mereka" (6:15-16). Dia berdoa agar Tuhan membuka mata bujangnya, sehingga bujangnya bisa melihat bahwa gunung tempat mereka tinggal itu dikelilingi oleh kuda dan kereta berapi (6:17). Dengan cara yang ajaib, Tuhan melepaskan Elisa dari kepungan tentara Aram, dan tentara Aram tidak berani lagi datang menyerang (6:18-23).

Kisah di atas mengingatkan kita tentang apa yang harus kita lakukan saat permasalahan hidup datang melanda. Walau bukan berbentuk pasukan tentara, masalah hidup itu seperti mengepung kita. Jangan putus asa! Masih ada Tuhan yang sanggup menolong! Apakah Anda merasa gelisah, takut, dan panik saat masalah berat datang melanda? Ketakutan muncul bila kita tidak membawa masalah itu kepada Tuhan dalam doa. Bawalah setiap masalah hidup Anda kepada-Nya! Ingatlah bahwa doa bisa mengubah keadaan!

Pokok Doa
1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
2. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).
3. Badan Pekerja Majelis Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design