1 Raja-Raja 19

Dukungan dari Tuhan yang Baik

1 Agustus 2021
Pdt. Sumito Sung

Kita berharap bahwa Ratu Izebel akan menjadi takut saat Raja Ahab memberitahukan segala yang dilakukan Nabi Elia terhadap para nabi Baal. Akan tetapi, ternyata Izebel tidak takut, ia malah mengancam Nabi Elia. Betapa keras hatinya Ratu Izebel! Dia tidak bertobat dan menjadi takut kepada Tuhan setelah mendengar berita kekalahan para nabi Baal di atas Gunung Karmel. Hati dan pikirannya sangat gelap dan telah dibutakan oleh Baalisme.

Setelah diancam oleh Ratu Izebel, Nabi Elia melarikan diri ke padang gurun. Ia merasa lelah dan tertidur di bawah pohon arar. Saat Nabi Elia dalam keadaan depresi, pemeliharaan Tuhan nyata. Apakah Anda pernah merasa depresi setelah berjuang untuk melayani Tuhan? Saat Elia depresi, Tuhan menyediakan roti bakar dan sekendi air minum. "Roti" dan "kendi" ini mengingatkan kepada kisah saat Nabi Elia meminta roti kepada seorang janda di Sarfat (17:13). Saat itu, Tuhan memastikan bahwa akan selalu ada minyak dalam "buli-buli" (17:12,14,16). Sebagaimana Tuhan dulu memelihara Nabi Elia, saat ini Tuhan juga memelihara umat-Nya. Setelah Nabi Elia memasuki sebuah gua, Tuhan bertanya, "Apakah kerjamu di sini, hai Elia?" (19:9,13). Pertanyaan ini bukan teguran, tetapi bagian dari terapi untuk memulihkan kondisi Nabi Elia, yaitu dengan membuat dia mengungkapkan isi hatinya. Pertanyaan ini diajukan sampai dua kali dan Nabi Elia menjawab dengan jawaban yang sama, "Aku bekerja segiat-giatnya bagi TUHAN, Allah semesta alam, karena orang Israel meninggalkan perjanjian-Mu, meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu dengan pedang; hanya aku seorang dirilah yang masih hidup, dan mereka ingin mencabut nyawaku." (19:10,14, huruf miring ditambahkan untuk menunjukkan penekanan). Nabi Elia tidak menyesali pelayanannya yang gagal, tetapi dia menggugat bangsa Israel yang telah melanggar perjanjian Tuhan. Dia merasa kesal terhadap orang-orang Israel! Misi Nabi Elia pergi ke Gunung Horeb adalah untuk membawa gugatan ini kepada Tuhan. Jawaban Tuhan (19:15-18) memberikan secercah harapan. Tuhan akan menghukum keluarga Raja Ahab yang jahat, dan akan mengangkat Yehu menjadi raja Israel. Apakah Anda masih meyakini bahwa Tuhan itu selalu baik? Apakah Anda masih bisa menyebutkan kebaikan Tuhan yang pernah Anda alami?

Pokok Doa
1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
2. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).
3. Badan Pekerja Majelis Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design