1 Raja-Raja 5

Digerakkan oleh Janji Allah

13 Juli 2021
Pdt. Sumito Sung

Raja Daud adalah pahlawan besar yang selalu sukses menaklukkan musuh-musuh bangsa Israel. Akan tetapi, ia tidak menganggap semua negara tetangga sebagai musuh. Dia berteman baik dengan Raja Hiram. Saat Raja Hiram mendengar bahwa Salomo telah menjadi raja menggantikan ayahnya, dia menyampaikan ucapan selamat. Setelah Raja Daud wafat, Raja Hiram menjalin hubungan baik dengan Raja Salomo. Persahabatan itu mendorong Raja Salomo untuk meminta Raja Hiram membantu menyediakan bahan-bahan bangunan guna membangun Bait Allah, sebagai penggenapan janji Allah kepada Raja Daud (5:3-6). Bunyi janji itu sebagai berikut, "Apabila umurmu sudah genap dan engkau telah mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangmu, maka Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, anak kandungmu, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya. Dialah yang akan mendirikan rumah bagi nama-Ku ...." (2 Samuel 7:12-13a). Allah menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan agar janji-Nya bisa terpenuhi, seperti misalnya memberi kemenangan kepada Raja Daud dalam setiap peperangan serta mengaruniakan keamanan pada zaman Raja Salomo. Ungkapan "Tidak ada lagi lawan dan tidak ada lagi malapetaka menimpa" (1 Raja-raja 5:4b) menunjuk kepada kondisi damai pada zaman Raja Salomo. Raja Salomo memandang kondisi ini sebagai "lampu hijau" bahwa Allah akan menggenapi janji-Nya.

Janji Allah telah menggerakkan hati Raja Salomo! Ingatlah bahwa Bait Allah bisa berdiri kokoh bukan karena bangunan itu terbuat dari balok-balok kayu yang kuat dan fondasinya berupa batu-batu besar, tetapi karena pembangunannya didasarkan pada janji Allah. Ingatlah pula bahwa persiapan maupun pembangunan Bait Allah itu melibatkan orang-orang non-Yahudi. Fakta ini menunjukkan bahwa Allah adalah Raja atas semua bangsa dan semua bangsa seharusnya melayani Dia. Dalam Perjanjian Lama, terdapat banyak ayat yang mengatakan bahwa akan ada satu masa saat segala suku bangsa dari ujung bumi datang mencari dan menyembah Tuhan. Sampai hari ini, banyak orang dari berbagai suku bangsa, termasuk diri kita, menjadi murid Tuhan Yesus. Apakah bacaan Alkitab hari ini telah menggerakkan hati Anda untuk melayani Kristus, beribadah kepada-Nya, dan memberitakan Kabar Baik tentang Dia kepada semua orang?

Pokok Doa
1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
2. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).
3. Badan Pekerja Majelis Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design