HUT Proklamasi Kemerdekaan RI

Peranan Roh Kudus dalam Kemerdekaan Kristen

17 Agustus 2014
HUT Proklamasi Kemerdekaan RI
Minggu, 17 Agustus 2014


Bacaan Alkitab hari ini: Galatia 5:13-26


Setelah kita dimerdekakan oleh Kristus, kita tidak lagi berada dibawah kuk perhambaan oleh hukum Taurat dan legalisme; maka sekarang kita memerlukan “Penolong” untuk menguasai hidup kita dari dalam supaya kita tetap hidup dalam kemerdekaan Kristen. Penolong itu adalah Roh Kudus. Roh Kudus adalah Penolong yang memungkinkan orang Kristen menikmati kemerdekaan yang sejati di dalam Kristus. Paling tidak ada tiga peranan Roh Kudus yang dipaparkan Rasul Paulus di dalam bacaan kita hari ini.

Pertama, Roh Kudus memimpin kita melakukan hukum kasih (5:13-15). Adalah sebuah kesalahan besar kalau seseorang menafsirkan kemerdekaan yang diberikan Kristus sebagai sebuah kebebasan untuk melakukan apa saja sekehendak hatinya. Paulus menjelaskan bahwa kita dipanggil untuk merdeka. Kita merdeka dari dosa karena kita telah mengalami pengampunan Allah melalui Kristus yang mati di atas kayu salib. Setelah menjelaskan panggilan kita, Paulus memperingatkan supaya kita jangan mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa. Sebaliaknya justru sebuah kesempatan untuk berbuat kasih kepada sesama (5:13-14). Roh Kuduslah yang memingkinkan semuanya itu terjadi. Kedua, Roh Kudus memimpin kita menaklukkan keinginan daging (5:16-21, 24). Ketiga, Roh Kudus memimpin kita menghasilkan buah dari kemerdekaan Kristen kita, yaitu buah Roh (5:22-23, 25-26).

Jika kita ingin mengisi kemerderkaan Kristen kita dengan benar tidak ada jalan lain selain memberi hidup kita dipimpin oleh Roh Kudus. Hidup dipimpin Roh Kudus akan memampukan kita untuk mengalahkan keinginan daging dan sebaliknya hidup yang dipimpin Roh Kudus menjadikan kita mampu mengasihi sesama seperti yang diperintahkan oleh Tuhan Yesus. Amin. [JS]

Galatia 5:25-26
“Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh, dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki.”
Pokok Doa
1. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
2. Pengentasan Gizi Buruk.
3. Panti Asuhan ”Kasih Bapa”.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design