Selasa, 19 Agustus 2014

Pemberontakan pada Allah yang Benar

19 Agustus 2014
Selasa, 19 Agustus 2014


Bacaan Alkitab hari ini: Ratapan 1


Ratapan 1:18 boleh dikatakan sebagai tema dari Kitab Ratapan. Setidaknya, tiga hal yang harus kita catat dari ayat ini: Pertama, Tuhan itu benar. Kedua, Kondisi ketidaktaatan terhadap firman-Nya dianggap sebagai pemberontakan. Ketiga, Konsekuensi dari pemberontakan adalah hukuman dari Tuhan.

Pertama, “Tuhan itu benar” adalah kebenaran mutlak yang tidak dapat ditawar. Hakikat Tuhan itu benar. Seperti yang dikatakan oleh Tuhan Yesus dalam Yohanes 14:6a, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup,” Tuhan selalu menjadi patokan bagi kebenaran. Apa yang difirmankan-Nya selalu merupakan kebenaran. Oleh karena itu, di tengah dunia yang penuh dengan berbagai macam penyesatan ini, kembalilah pada firman Allah yang adalah kebenaran. Setia pada firman Allah akan membuat kita selalu mengerti dan selalu berada dalam kebenaran.

Kedua, manusia itu sebenarnya diciptakan untuk taat pada Sang Pencipta. Setiap bentuk ketidaktaatan disebut dengan pemberontakan. Ketidaktaatan mencerminkan sikap manusia yang tidak mau tunduk pada otoritas Tuhan. Sebagai ciptaan-Nya, semestinyalah kita mengakui otoritas Tuhan sebagai Sang Pencipta, “Sungguh, dosa pemberontakan kami banyak di hadapan-Mu dan dosa kami bersaksi melawan kami; sungguh, kami menyadari pemberontakan kami dan kami mengenal kejahatan kami.” (Yesaya 59:12)

Ketiga, Setiap tindakan selalu ada konsekuensinya. Keadaan Yerusalem saat itu merupakan akibat dari ketidaktaatan. Betul bahwa Tuhan itu Pengasih dan Penyayang. Justru karena itulah, Dia memberikan hukuman. Hukuman yang bertujuan bukan untuk menghancurkan, tapi sebaliknya bertujuan supaya orang-orang yang memberontak itu mau bertobat. [GT]

Mazmur 25:8
TUHAN itu baik dan benar; sebab itu Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat.
Pokok Doa
1. Antisipasi gelombang ke 3 pandemi COVID-19.
2. Staf Sekretariat Sinode.
3. Kesatuan GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design