Selasa, 13 Mei 2014

Tuduhan Palsu

13 Mei 2014
Selasa, 13 Mei 2014

Bacaan Alkitab hari ini: Ayub 20


Ketika membaca Alkitab, kita akan dikejutkan oleh fakta bahwa tokoh-tokoh Alkitab yang saleh pun ada yang mendapat tuduhan palsu. Mereka tidak bersalah, tetapi kepada mereka dituduhkan apa yang tak pernah mereka lakukan. Contoh klasik dari seorang yang mendapat tuduhan palsu adalah Yusuf. Saat Yusuf menjadi orang kepercayaan Potifar—majikannya, istri Potifar memfitnah dengan menuduh bahwa Yusuf telah memperkosa dirinya. Akibatnya Yusuf dipenjarakan.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Zofar. Untuk kedua kalinya, ia menuduh Ayub dengan tuduhan palsu. Hatinya tidak sabar lagi ingin membalas komentar Ayub yang dia anggap telah menghinanya (20:1-3), padahal sebenarnya tidak. Ia hanya tidak sepaham dengan pandangan Zofar. Hatinya yang pahit belum melembut ketika ia menantikan giliran untuk berbicara kembali. Ia langsung melancarkan tuduhan palsu!

Zofar menuduh Ayub sebagai orang fasik. Tanpa belas kasihan, label orang fasik dikenakan kepada Ayub yang sedang menderita. Menurutnya, ada empat akibat yang akan diterima oleh orang fasik. Pertama, orang fasik hanya sementara saja menikmati hasil kejahatannya (20:5-11). Kedua, Tuhan akan menghukum orang fasik dan menimpakan semua perbuatan dosanya kepada dirinya sendiri (20:12-19). Ketiga, orang fasik tidak akan merasakan kedamaian hidup (20:20-22). Keempat, murka Tuhan akan terus mengejar orang fasik (20:23-29).

Bila Anda mendapat tuduhan palsu, bagaimana Anda bereaksi? Kita bisa belajar dari Ayub berdasarkan pembicaraan selanjutnya dalam kitab Ayub. Pertama, setelah mendengarkan dengan sabar apa yang dituduhkan oleh Zofar kepadanya, Ayub menjawab dengan sopan (21:1-3). Kedua, Ayub berdoa bagi mereka yang telah menuduhnya agar Tuhan mengampuni dosa-dosa mereka (42:7-9). [Souw]


Matius 5:11
“Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat”
Pokok Doa
1. Kementerian Pertanian.
2. Badan Narkotika Nasional.
3. Panti Asuhan Dorkas.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design