Kamis, 8 Mei 2014

Tak Ada Yang Dapat Disombongkan

8 Mei 2014
Kamis, 8 Mei 2014

Bacaan Alkitab hari ini: Ayub 12


Zofar tampil seperti orang yang hebat dan berhikmat dengan pandangan bahwa orang yang menderita pasti berdosa sehingga pantas mendapat hukuman. Ayub menanggapi dengan mengatakan bahwa pandangan seperti itu merupakan rahasia umum yang sudah dia ketahui (12:1-3). Zofar ingin menyadarkan Ayub dari keberdosaannya, tetapi perkataannya tidak meneduhkan hati, melainkan menghina dan membuat Ayub menjadi bahan tertawaan. Ayub mengenal Allah karena ia bergaul dengan-Nya, tetapi ia ditertawakan (12:4-6). Hikmat Zofar merupakan arogansi rohani karena bersifat menghakimi dan menuduh tanpa dasar.

Ayub menyadari bahwa Allah berdaulat atas segala sesuatu. Saat kedaulatan Allah dikontraskan dengan ketidakberdayaan manusia (12:13-25), tidak ada seorang pun yang pantas menyombongkan diri di hadapan Allah. Dialah yang memiliki segala hikmat dan kekuatan (12:13).

Kemudian, Ayub menjabarkan kedaulatan Allah yang tak terhingga. Kedaulatan-Nya meliputi penguasaan alam semesta (12:15, 22). Dia menguasai orang yang tersesat maupun yang menyesatkan (12:16). Dia berkuasa atas para menteri (12:17a), para hakim (12:17b), para raja (12:18), para imam (12:19), para tua-tua (12:20), para pemuka (12:21), bangsa-bangsa di dunia (12:23), dan para pemimpin dunia (12:24). Tidak ada yang dapat menandingi keperkasaan dan kedasyatan kekuatan-Nya. Apakah yang bisa disombongkan oleh manusia yang terbatas? Menyombongkan diri hanyalah menunjukkan kebodohan.

Hikmat sejati tidak akan membuat seseorang menjadi sombong. Sebaliknya, hikmat akan membuat seseorang semakin merendahkan diri karena menyadari siapa dirinya di hadapan Tuhan. Jika Anda ingin disebut sebagai seorang yang berhikmat, jauhkanlah kesombongan dari kehidupan Anda! [Souw]


Ayub 12:13
“Tetapi pada Allahlah hikmat dan kekuatan,
Dialah yang mempunyai pertimbangan dan pengertian.”
Pokok Doa
1. Kementerian Pertanian.
2. Badan Narkotika Nasional.
3. Panti Asuhan Dorkas.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design