Jumat, 2 Mei 2014

Saat Anda Tak Mampu Memahami Situasi Terburuk

2 Mei 2014
Jumat, 2 Mei 2014


Bacaan Alkitab hari ini: Ayub 3

Ayub tidak mengetahui bahwa dibalik penderitaan yang dia hadapi ada skenario besar untuk menguji integritas dan kesalehannya. Tuhan mengizinkan Iblis untuk menguji Ayub dengan cara apa saja, asal nyawanya tidak diusik (1:12; 2:6). Iblis pun menyerang Ayub untuk mematikan imannya. Harta benda Ayub—yaitu hewan-hewan yang jumlahnya amat banyak—lenyap dirampas musuh. Kesepuluh anaknya mati akibat bencana alam (1:13-19). Bahkan, kesehatan Ayub diserang Iblis dengan barah yang busuk dari telapak kaki sampai ke ujung kepala (2:7-8).

Dalam ketidakmengertiannya, penderitaan yang sangat berat membuat Ayub menyesali keberadaannya di dunia. Ia berandai-andai bahwa seandainya ia tidak pernah dilahirkan, ia tidak perlu menanggung penderitaan yang begitu hebat (3:3-7). Bahkan, ia berharap agar tidak merasakan getirnya kehidupan, “mengapa aku tidak mati waktu aku lahir atau binasa waktu aku keluar dari kandungan?” (3:11-19). Ia tidak mengerti mengapa ia tetap hidup walaupun penderitaan datang silih berganti.
Dalam keadaan seperti itu, mati nampak lebih menyenangkan daripada hidup (3:20-24). Sekalipun kesal, Ayub tidak mengutuki Tuhan. Dia putus asa, tetapi tidak mengumpat Tuhan. Ia merasa sesak, tetapi tidak menuduh Tuhan berlaku kurang adil. Ayub tidak berbuat dosa dengan perkataan dan sikap hatinya.

Memahami penderitaan dan penyebabnya tidaklah mudah. Mungkin kita sering seperti Ayub yang mempertanyakan mengapa penderitaan menimpa kita. Kita berdoa dengan sungguh-sungguh, tetapi jalan keluar dari kesulitan tak kunjung datang. Pergumulan hidup apa pun yang menyusahkan kita jangan sampai membuat kita berbuat dosa melalui ucapan maupun tindakan kita. Saat kita tidak mampu memahami situasi terburuk, berdoalah meminta bimbingan dan kekuatan Tuhan. [Souw]


Roma 8:37
“Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang oleh Dia yang telah mengasihi kita.”
Pokok Doa
1. Kementerian Pertanian.
2. Badan Narkotika Nasional.
3. Panti Asuhan Dorkas.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design