1 Petrus 5

Rahasia Gereja yang Sehat

18 Desember 2021
GI Okky Chandra

Seperti apakah komunitas gereja yang sehat? Di pasal terakhir dari kitab 1 Petrus ini, sang rasul menasihati dua kelompok dalam gereja:, yaitu penatua atau pemimpin gereja (5:1-3), dan orang-orang muda dalam gereja (5:5a). Rasul Petrus menasihati para penatua untuk menggembalakan kawanan domba Allah. Gambaran yang dipakai dalam kepemimpinan gereja bukanlah gambaran tentang seorang raja yang gagah perkasa dan membabat habis siapa pun yang menentang kehendaknya, melainkan gambaran tentang seorang gembala yang merawat, memberi makanan sehat, menuntun domba-domba dengan sabar dan penuh kasih, serta mencari domba-domba yang sesat untuk dibawa pulang.

Sebagai gembala, pemimpin gereja hendaknya tidak melayani dengan berat hati atau karena terpaksa, tetapi dengan penuh kerelaan sebagai bukti kasihnya kepada Tuhan. Pemimpin gereja sepatutnya memeriksa motivasi dirinya dalam melayani: Janganlah kita melayani demi mendapat keuntungan tertentu, tetapi kita seharusnya melayani karena sudah mengalami kasih Tuhan. Dengan motivasi yang benar, seorang pemimpin dapat melayani dengan penuh pengabdian diri dan antusiasme yang besar. Rasul Petrus juga meminta para penatua agar tidak bersikap seperti tiran--yaitu penguasa yang lalim dan sewenang-wenang--tetapi menjadi teladan. Menjadi pemimpin berarti melayani dan siap berkorban, bukan menuntut untuk dilayani.

Selanjutnya, Rasul Petrus menasihati agar orang-orang muda bersikap hormat dan tunduk kepada orang-orang tua dan para pemimpin gereja. Perbedaan cara pandang antara kaum muda dan kaum tua bisa mengakibatkan konflik serius dalam gereja. Oleh karena itu, saat ada perbedaan pendapat, orang-orang muda harus belajar merendahkan hati dan menghargai pendapat orang-orang tua. Inilah rahasia membentuk komunitas gereja yang sehat! Belajarlah untuk bersikap rendah hati. Jika kita dipercaya untuk menjadi pemimpin gereja, ingatlah panggilan kita sebagai seorang gembala. Jadilah teladan dalam perkataan dan perbuatan kita. Jika kita adalah anggota jemaat, hormatilah para pemimpin kita. Ingatlah bahwa tidak ada pemimpin yang sempurna. Apakah sikap seperti di atas sudah terwujud di gereja Anda? Jika kita setia dan taat, Sang Gembala Agung akan memberi kita mahkota kemuliaan yang tidak akan layu!


Pokok Doa
1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
2. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).
3. Badan Pekerja Majelis Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design