1 Raja-Raja 6

Kita Memiliki Prioritas

14 Juli 2021
Pdt. Sumito Sung

Bacaan Alkitab hari ini lebih banyak menjelaskan tentang bagian dalam Bait Allah daripada bagian luar. Hal ini mungkin disebabkan karena bagian dalam Bait Allah hanya bisa dilihat oleh imam yang bertugas, sedangkan umat Allah tidak diizinkan untuk memasuki Bait Allah. Perhatikan bahwa kata "emas" sering muncul di sini. Apakah pemakaian bahan emas yang banyak bukan merupakan pemborosan? Tidak! Pemakaian bahan emas itu diperlukan untuk menekankan bahwa Allah itu mulia!

Saat penulis kitab Raja-raja menjelaskan tentang bangunan Bait Allah (6:2-10), tiba-tiba ia menyisipkan penjelasan tentang firman Tuhan yang datang kepada Raja Salomo, lalu dilanjutkan lagi dengan penjelasan tentang bagian dalam bangunan Bait Allah (6:14-36). Perhatikan bahwa firman Tuhan yang ditujukan kepada Raja Salomo itu tidak berkaitan dengan bangunan Bait Allah, melainkan berisi janji dan peringatan kepada Raja Salomo (6:11-13). Ada ahli Perjanjian Lama yang berpendapat bahwa sisipan itu tidak ditulis oleh penulis Kitab Raja-raja, tetapi disisipkan oleh orang lain di kemudian hari. Akan tetapi, pendapat itu kurang meyakinkan. Wajar saja bila saat Bait Allah sedang dibangun, firman Tuhan datang kepada Raja Salomo.

Mengapa firman Tuhan datang kepada Raja Salomo saat pembangunan Bait Allah sedang berlangsung? Karena Tuhan ingin mengungkapkan sebuah prioritas kepada Raja Salomo. Pembangunan fisik Bait Allah itu penting, tetapi yang lebih penting--yang harus diprioritaskan--adalah kesetiaan dan ketaatan kepada Allah. Jika Raja Salomo dan rakyat Israel ingin menikmati Tuhan dalam ibadah, mereka harus taat dan setia kepada-Nya. Bait Allah tidak akan bermanfaat bila raja dan rakyat tidak menyadari prioritas ini. Bait Allah tidak akan mendatangkan keuntungan bagi siapa pun yang beribadah di sana bila firman Tuhan tidak menjadi prioritas. Penyisipan firman Tuhan sangat penting agar penulis berhenti sebentar setelah menjelaskan aspek-aspek bagian luar bangunan, baru kemudian melanjutkan dengan menjelaskan aspek-aspek bagian dalam bangunan. Apakah Anda selalu berusaha menyatakan kepedulian, perhatian, dan rasa hormat kepada Allah? Apakah ketaatan dan kesetiaan kepada firman Allah telah menjadi prioritas Anda?

Pokok Doa
1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
2. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).
3. Badan Pekerja Majelis Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design