Roma 2

Penghakiman Terakhir itu Nyata

15 Februari 2016
Bacaan Alkitab hari ini : Roma 2

Pantaskah orang yang telah berulangkali diberi kesempatan bertobat akhirnya dihukum? Pantas! Itulah pandangan Paulus di pasal ini tentang penghakiman terakhir. Allah yang baik dan sabar itu berulang kali memberi kesempatan kepada manusia untuk berbalik kepada-Nya dan dipulihkan-Nya. Tapi apa yang terjadi bila kesempatan demi kesempatan itu dianggap sepi? Bagi Paulus, orang seperti itu menempatkan dirinya dalam posisi yang sangat tepat untuk menerima hukuman (2:4-5).

Baik agama maupun filsafat Yunani atau Romawi tidak mengenal doktrin penghakiman terakhir, padahal doktrin ini sangat penting dalam agama Yahudi. Paulus dengan lantang menyatakan kepada jemaat di kota Roma pusat dunia kafir kuno bahwa ada Allah Pencipta yang peduli dan akan membereskan segala kejahatan dengan keadilan yang tuntas, sehingga akan ada penghakiman terakhir, yang berlangsung jujur, adil, dan tidak memandang bulu (2:2, 5, 11).

Ada orang yang mengira bahwa penghakiman itu adalah ciri khas Perjanjian Lama, sedangkan Perjanjian Baru lebih banyak berisi "belas kasihan" Allah. Sayangnya, baik orang Yahudi maupun non-Yahudi yang kepada mereka Allah berbelas kasihan terusmenerus menolak kasih Allah, terus berkanjang dalam kejahatan, padahal mereka punya banyak kesempatan untuk bertobat. Mereka akan menuai murka Allah di penghakiman terakhir (2:8-9).

Bagi Paulus, doktrin pembenaran karena iman tidak meniadakan penghakiman terakhir Allah yang didasarkan pada perbuatan. Akankah kelak teruji bahwa perbuatan baik di sepanjang hidup kita sungguh membuktikan kesejatian iman kita? [ICW]

"Tetapi oleh kekerasan hatimu yang tidak mau bertobat, engkau menimbun murka atas dirimu sendiri pada hari waktu mana murka dan hukuman Allah yang adil akan dinyatakan. Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya."
Roma 2:5-6
Pokok Doa
1. Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
2. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).
3. Youth GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design