Selasa, 7 Oktober 2014

Seperti Apakah Tanah Hatimu?

7 Oktober 2014
Selasa, 7 Oktober 2014

Bacaan Alkitab hari ini: Lukas 8


Tuhan Yesus sering mengajar dengan memakai perumpamaan. Sebuah perumpamaan adalah suatu kisah sederhana dari kehidupan sehari-hari yang memiliki pengajaran, nilai-nilai kebenaran tentang Kerajaan Allah. Hanya orang yang hatinya siap menerima kebenaran yang akan mengerti, dan kebenaran itu akan tertutup bagi yang tidak siap.

Cerita “perumpamaan tentang seorang penabur” ini (8:5-15) mengajarkan kepada kita bahwa tanggapan kita terhadap Firman Allah (diumpamakan sebagai benih) akan menentukan sejauh mana hidup kita menghasilkan buah. Perhatikan bahwa benih yang ditaburkan—baik yang jatuh di pinggir jalan, di tanah yang berbatu-batu, di semak duri, maupun di tanah yang baik—adalah benih yang baik, benih yang sama. Demikian juga, orang yang menaburkan benih adalah juga orang yang sama. Namun, yang membedakan hasilnya adalah kondisi “tanah hati” yang mendengarkan firman Tuhan. Ada yang mendengar, tetapi tidak percaya (8:12); ada yang percaya hingga mengecap kebaikan dari firman, tapi kemudian mundur lagi (8:13); dan ada pula yang sungguh percaya dan diselamatkan, bertekun dan menghasilkan buah dengan tingkat yang berbeda-beda (8:14-15).

Kebenaran di atas mengingatkan kita bahwa sangatlah penting untuk memiliki hati yang terbuka, mau diajar dan melakukan firman Tuhan. Seseorang bisa saja setiap minggu mendengarkan kotbah yang bagus, tapi jika tidak ada hati yang percaya dan tunduk, maka firman itu hanya akan menjadi teori dan pengetahuan yang kering, bahkan mungkin menciptakan “ahli-ahli Taurat” masa kini, yang pandai mengajar dan mengkritik orang lain, namun tidak menerapkan firman Tuhan dalam kehidupan. Bukan seberapa banyak yang Anda ketahui yang penting, tetapi seberapa sungguh Anda percaya dan taat. [FL]

1 Samuel 15:22-b

“Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik daripada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik dari pada lemak domba-domba jantan.”
Pokok Doa
1. Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan.
2. Kepedulian orang Kristen terhadap lingkungan.
3. Majelis & Staf Bidang Ibadah.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design