Keluaran 5:1-6:12

Tantangan dalam melayani TUHAN

4 Maret 2016
Bacaan Alkitab hari ini : Keluaran 5:1-6:12

Banyak orang menyangka bahwa bila kita melayani TUHAN, masalah besar akan menjadi kecil, dan masalah kecil akan segera lenyap. Akan tetapi, sangkaan semacam itu keliru! Masalah dalam pelayanan tidak selalu mengecil atau menghilang, melainkan kadang-kadang bisa membesar. Tentu saja masalah yang kelihatan besar atau sulit ini adalah masalah yang kita lihat dari sudut pandang manusiawi kita. Bila dipandang dari sudut pandang Allah, tidak ada masalah besar yang tidak bisa diatasi dan tidak ada masalah sukar yang membuat kita harus menyerah.

Saat Musa dan Harun menghadap Firaun untuk meminta agar umat Israel diizinkan untuk pergi meninggalkan Tanah Mesir guna mengadakan perayaan bagi TUHAN, Firaun justru semakin menindas bangsa Israel, sehingga bangsa Israel berbalik menyalahkan (bahkan mengutuk) Musa dan Harun. Bagi Musa dan Harun, jelas bahwa ketaatan mereka terhadap perintah Allah membuat mereka terpojok. Mereka bukan hanya dibenci oleh Firaun, tetapi mereka juga dibenci oleh bangsa Israel sendiri. Sekalipun demikian, pengalaman negatif yang harus dilalui oleh Musa dan Harun ini merupakan bagian dari rencana Allah yang harus mereka lalui.

Pernahkah Anda sungguh-sungguh berusaha menaati kehendak Allah dan Anda terpojok karena ketaatan Anda? Ingatlah bahwa pengalaman semacam itu biasa (wajar)! Adanya tantangan dalam melayani bukanlah sesuatu yang mengherankan. Bila kita tekun menghadapi tantangan, ketekunan kita akhirnya akan mendatangkan hasil yang menggembirakan. Ingatlah bahwa kesulitan pada masa kini seringkali merupakan jalan yang harus ditempuh untuk mencapai kesuksesan pada masa depan. Bersediakah Anda menghadapi tantangan dalam pelayanan? [P]

Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: "Sekarang engkau akan melihat, apa yang akan Kulakukan kepada Firaun; sebab dipaksa oleh tangan yang kuat ia akan membiarkan mereka pergi, ya dipaksa oleh tangan yang kuat ia akan mengusir mereka dari negerinya."
Keluaran 5:24
Pokok Doa
1. Pegawai Negeri Sipil.
2. Pengentasan Kemiskinan.
3. Majelis Bidang Sosial Sinode GK.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design