Kamis, 29 Januari 2015

Lintah Darat

29 Januari 2015
Kamis, 29 Januari 2015

Bacaan Alkitab hari ini: Amsal 28


Lintah darat adalah istilah yang dikenal umum yang menunjuk kepada orang loba yang meminjamkan uang dengan memungut riba (bunga) yang berlebihan. Melakukan pemerasan dan menjadi lintah darat adalah terlarang di Israel. Hukum Musa melarang riba (Imamat 25:36-37), tapi pasal ini lebih menekankan apa yang terjadi dengan orang yang menarik bunga terlalu tinggi. Hukuman bagi orang seperti itu tepat sekali, yakni uang yang diperoleh akan dibagikan kembali kepada orang miskin (Amsal 28:8). Orang itu akan “menuai” apa yang ia tabur!

Obyek dari lintah darat biasanya adalah kaum miskin yang identik dengan orang yang lemah dan tidak berdaya. Orang Israel dituntut untuk memperlakukan kaum miskin dengan baik. Pinjaman yang diberikan kepada sesama orang Israel tidak boleh dilakukan dengan memungut bunga.

Bagaimana memaknai bagian ini dalam konteks zaman ini? Apakah membungakan uang merupakan dosa? Alkitab membedakan antara sesama orang Israel yang miskin dan pedagang yang menumpang sebagai orang asing atau pendatang. Jika orang miskin meminjam untuk makan atau untuk kebutuhan primer, maka ia harus diberi pinjaman tanpa bunga, atau bahkan dibantu (diberi). Tetapi, kalau yang meminjam adalah pedagang yang memerlukan tambahan modal untuk usahanya, orang itu boleh dikenai bunga, tetapi haruslah bunga yang wajar. Bunga yang wajar adalah bunga yang tidak melampaui bunga yang berlaku umum (bunga bank yang ditetapkan pemerintah). Yang memungut bunga berlebihan adalah lintah darat. Janganlah menjadi lintah darat! [LM]

Imamat 25:36-37

“Janganlah engkau mengambil bunga uang atau riba dari padanya, melainkan engkau harus takut akan Allahmu, supaya saudaramu dapat hidup di antaramu. Janganlah engkau memberi uangmu kepadanya dengan meminta bunga, juga makananmu janganlah kauberikan dengan meminta riba.”
Pokok Doa
1. Pegawai Negeri Sipil.
2. Pengentasan Kemiskinan.
3. Majelis Bidang Sosial Sinode GK.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design