Rabu, 7 Januari 2015

Anto Kong Mo Yung

7 Januari 2015
Rabu, 7 Januari 2015

Bacaan Alkitab hari ini: Amsal 6


Orang Tionghoa dari Suku Hakka (Khek) mengenal istilah Anto Kong Mo Yung yang artinya “omdo” (omong doang). Orang yang omdo adalah orang yang banyak bicara, tetapi tidak mempraktikkannya, sehingga perkataannya tidak berguna. Orang semacam itu tidak berarti bagi orang lain. Sebutan Anto Kong Mo Yung adalah sebutan negatif. Ada berbagai macam perilaku buruk manusia yang menimbulkan penilaian dan label negatif dari orang lain. Label negatif yang dimaksud antara lain adalah sebutan “Pemalas”, “Penipu”, “Pendosa”, “Orang yang Tidak Berguna”, dan lain sebagainya. Bacaan Alkitab hari ini menyebutkan tujuh dosa yang dibenci Allah (6:16-19). Perkataan “jahatlah orang” adalah terjemahan dari kata dalam bahasa Ibrani yang bisa diterjemahkan sebagai “orang dari Belial”. Kata Belial yang berarti “tanpa guna” adalah kata yang sering dipakai dalam Perjanjian Lama. Rasul Paulus memakai kata tersebut sebagai sebutan untuk setan (2 Korintus 6:15).

Tujuh Dosa yang dibenci Allah berhubungan dengan orang dari Belial. Orang itu tidak berguna karena melakukan dosa. Dosa umumnya dimulai dari mata, turun ke hati, lalu melahirkan tindakan dosa. Wujud dari dosa begitu banyak. Penulis Amsal menekankan juga tentang kemalasan. Orang yang malas bisanya banyak bicara, tapi tidak mau bekerja. Untuk menghindari kewajiban bekerja, orang malas biasanya membuat berbagai alasan. Manusia harus bekerja karena kerja adalah konsekuensi diciptakannya manusia segambar dengan rupa Allah.

Manusia diciptakan Tuhan dan diperkenankan lahir dan hidup di dunia dengan tujuan untuk memuliakan Tuhan dan menjadi berkat bagi sesama. Sudahkah Anda melakukan sesuatu untuk kemulian Tuhan dan sudahkah Anda berguna bagi sesama? [LM]

Efesus 5:15-16

“Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.”
Pokok Doa
1. Pegawai Negeri Sipil.
2. Pengentasan Kemiskinan.
3. Majelis Bidang Sosial Sinode GK.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design