Sabtu, 3 Januari 2015

Faedah Menuntut Hikmat

3 Januari 2015
Sabtu, 3 Januari 2015


Bacaan Alkitab hari ini: Amsal 2

Untuk memperoleh faedah dari hikmat, kita perlu memahami bahwa hikmat adalah pemberian Allah (2:6). Namun demikian, hikmat bagaikan harta terpendam yang harus digali dan dicari dengan sungguh-sungguh. Mencari pengertian adalah seperti mencari perak (2:4). Perak adalah barang berharga, sehingga dibutuhkan usaha untuk memperolehnya. Orang yang memperolehnya akan menikmatinya. Anda tidak akan mendapatkan faedahnya jika Anda tidak menuntut diri untuk mendapatkannya. Harta yang terpendam itu adalah milik Allah, pemberian Allah. Untuk bisa mendapatkannya, manusia perlu berusaha. Hikmat yang diberikan Allah pasti bermanfaat.

Orang yang menuntut hikmat akan memperoleh hasil yang baik, yaitu moral yang baik. Allah sendiri akan menjadi perisai bagi orang yang kelakuannya tanpa cela (2:7). Kata “memelihara” bisa diartikan sebagai “menjaga” (2:8). Allah menjaga jalan yang dilalui oleh orang yang setia dan menempatkan orang itu pada jalan yang benar, sehingga ia akan terhindar dari kecelakaan dan terlepas dari yang jahat (2:12).

Kalau hikmat dan pengetahuan menjadi pemikiran dan kesenangan kita, maka kata-kata dan keinginan orang jahat akan terasa asing bagi kita. Kita akan dimampukan untuk bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, mana yang baik dan mana yang jahat. [LM]

Amsal 2:4-5

“jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam, maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah.”
Pokok Doa
1. Pegawai Negeri Sipil.
2. Pengentasan Kemiskinan.
3. Majelis Bidang Sosial Sinode GK.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design