Daniel 12

Berdiri Teguh dan Tunaikan Panggilan

23 Agustus 2022
Pdt. Emanuel Cahyanto Wibisono

Bacaan Alkitab hari ini mengungkapkan penglihatan Daniel tentang akhir zaman. Menjelang akhir zaman, akan terjadi "kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa" (12:1). Catatan seperti ini dapat kita temukan pula di Perjanjian Baru, misalnya dalam ajaran Yesus Kristus di Matius 24:21, dan dalam wahyu kepada Yohanes yang tertulis di Kitab Wahyu 7:14. Jadi, kehidupan menjelang akhir zaman tidak serba menyenangkan, tetapi menghadirkan banyak tantangan dan kesulitan bagi orang yang percaya kepada TUHAN. Meskipun demikian, berbagai tantangan dan kesulitan akan menyucikan dan memurnikan iman orang percaya (12:10, 1 Petrus 1:7). Petrus meminta kita untuk bersukacita atas keadaan ini. Lagi pula, pada akhirnya, orang percaya akan memperoleh kemuliaan pada waktu kedatangan Kristus yang kedua kali (1 Petrus 1:6,7).

Ketika akhir zaman tiba, terjadilah kebangkitan orang mati (Daniel 12:2). Sebagian orang mendapatkan hidup kekal, tetapi sebagian yang lain memperoleh kengerian kekal (12:2, bandingkan dengan Lukas 16:19-31, Yohanes 5:29). Di samping itu, Alkitab mengemukakan bahwa orang yang percaya kepada Kristus pasti memperoleh hidup yang kekal (Yohanes 10:28-29). Artinya, orang yang percaya kepada Kristus tidak akan mendapatkan ‘kehinaan dan kengerian kekal’ (Daniel 12:2).

Berdasarkan kebenaran Alkitab yang memberikan pengharapan seperti tertulis di atas, kiranya kita menjadi tekun menanggung segala penderitaan yang harus kita pikul saat ini. Bukankah sudah ada janji bahwa berbagai tantangan dan kesulitan yang kita hadapi tidak akan melebihi kekuatan kita, bahkan Allah berjanji untuk memberi jalan keluar sehingga kita dapat menanggungnya? (1 Korintus 10:13). Ketika hidup terasa begitu berat, sadarilah bahwa Allah memberikan hikmat yang sangat kita butuhkan untuk bisa menjalani hidup dengan segala masalahnya (Yakobus 1:5). Lebih lagi, Allah Roh Kudus menyertai kita. Dialah Sang Penolong, Penghibur, dan Roh Kebenaran (Yohanes 14:16,17, 26). Roh Kudus memberikan damai sejahtera dan sukacita kepada setiap murid Kristus (Galatia 5:22). Roh Kudus akan menuntun kita untuk mengerti dan hidup dalam firman-Nya (Yohanes 14:26, 16:13). Oleh karena itu, berdirilah teguh dan tunaikanlah tugas panggilan Anda! Apakah Anda setia melaksanakan panggilan Anda? Apakah keyakinan iman Anda tetap kokoh?

Pokok Doa
1. Korp Pegawai Negeri Indonesia (Korpri).
2. Pelayanan Gereja terhadap penyandang cacat.
3. Majelis Bidang Sosial Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design