Mazmur 90

TUHAN Tempat Perlindungan Kita

7 Agustus 2022
GI Roni Tan
TUHAN bisa mengizinkan hal-hal buruk terjadi dalam kehidupan umat-Nya, tetapi tidak ada satu pun hal buruk yang bisa terjadi di luar kekuasaan TUHAN. Keyakinan ini adalah keyakinan Nabi Musa yang terpancar saat dia menuliskan Mazmur 90 ini. Nabi Musa sangat memercayai kebesaran TUHAN yang Mahakuasa dalam mengatur umat manusia. TUHAN berkuasa mencabut nyawa manusia (90:3,5,7), baik melalui kematian yang wajar maupun melalui kematian yang disebabkan karena penghukuman TUHAN. Nabi Musa telah melihat banyak peristiwa kematian saat dia memimpin bangsa Israel. TUHAN menghukum orang Israel yang memberontak kepada-Nya. TUHAN menenggelamkan Firaun dan pasukan Mesir ke dalam lautan. Musa menyadari bahwa hidup manusia itu terbatas. Pada umumnya, masa hidup manusia itu sekitar 70-80 tahun. Batasan umur itu menunjukkan bahwa hidup manusia bersifat sementara.

Kesadaran akan kesementaraan hidup membuat Musa menyadari pentingnya kehadiran TUHAN dalam hidupnya. TUHAN hadir bukan untuk menghukum, melainkan untuk melindungi umat-Nya. Oleh karena itu, TUHAN digambarkan sebagai tempat perteduhan atau tempat untuk berlindung bagi Umat-Nya dan bagi setiap orang yang mencari Dia (90:1). Jelas bahwa tempat perteduhan atau perlindungan ini pasti merupakan suatu tempat atau kondisi yang nyaman, aman, dan memberi ketenangan, sehingga kita terhindar dari mara bahaya. Musa meyakini bahwa hanya TUHAN sajalah yang sanggup memberi kepastian. Musa percaya bahwa hanya TUHAN saja yang mampu memberi hati yang bijaksana dan sukacita kepada umat-Nya (90:12,14-15), serta mampu memulihkan umat-Nya dan membuat apa yang dilakukan umat-Nya berhasil, sesuai dengan kehendak TUHAN (90:17, terjemahan Bahasa Indonesia Sehari-hari). Semua ini pasti akan terwujud bila umat dengan setia berdiam di dalam TUHAN.

Apakah Anda hidup di dalam firman Allah? Atau anda selama ini berpikir bahwa masih banyak tempat dan kondisi yang lebih menyenangkan untuk Anda mempercayakan kehidupan Anda? Seberapa kokoh tempat dan kondisi itu sehingga sanggup melindungi diri Anda dan memberi ketenangan dalam hati Anda? Di luar TUHAN, tak ada tempat perlindungan yang kokoh! Andalkanlah TUHAN yang sanggup melindungi diri Anda!

Pokok Doa
1. Korp Pegawai Negeri Indonesia (Korpri).
2. Pelayanan Gereja terhadap penyandang cacat.
3. Majelis Bidang Sosial Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design