Mazmur 87

Kota Allah yang Kita Nantikan

4 Agustus 2022
GI Roni Tan

Benteng Oranje adalah salah satu benteng yang dibangun oleh kolonial Belanda di Maluku-Ternate. Benteng ini dibangun pada abad ke-17 untuk menjadi pusat kedudukan resmi VOC di Nusantara dan pengendali monopoli perdagangan rempah-rempah. Benteng ini adalah tempat tinggal dan pusat pemerintahan gubernur VOC sebelum dipindahkan ke Batavia (Jakarta). Ketersohoran benteng Oranje kini tinggal menjadi sejarah, namun benteng itu masih ada di Ternate.

Bangsa Israel menguasai kota Yerusalem yang dipilih sebagai tempat Raja bertahta dan tempat TUHAN berkenan berdiam di tengah umat-Nya dengan didirikannya Bait Suci pada zaman Salomo. Dalam Mazmur 87, Yerusalem disebut sebagai kota Allah, tempat Allah bertakhta dan tempat raja menjalankan hukum Tuhan atas bangsa Israel. Pemazmur menggambarkan kemuliaan Yerusalem sebagai berikut: Pertama, kota Allah ini terletak di gunung yang kudus (87:1). Kota Yerusalem bukanlah tempat yang kudus sehingga dipilih Allah, tetapi kota itu dipilih Allah, sehingga kota itu menjadi kudus. Kedua, Allah mengasihi kota itu (87:2). Apakah kota Yerusalem yang disebut di sini hanya menunjuk kepada kota Yerusalem pada masa lampau yang pernah ada dan kemudian menjadi porak poranda? Tidak! Sebutan Yerusalem itu juga menunjuk kepada kota Yerusalem Baru yang akan hadir di masa depan dan menjadi tempat Allah berdiam di tengah umat-Nya untuk selama-lamanya. Siapakah yang tinggal di kota itu? Kota Yerusalem yang lama adalah tempat tinggal bangsa Israel. Akan tetapi, kota Yerusalem yang baru akan ditempati oleh seluruh umat dari segala bangsa yang telah menerima keselamatan dari Tuhan Yesus.

Kota Yerusalem yang lama telah beberapa kali dibangun dan kemudian runtuh, sedangkan kehadiran kota Yerusalem yang baru masih kita nantikan penggenapannya. Rasul Yohanes menuliskan sebuah penglihatan, "Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, ..." (Wahyu 21:2). Penglihatan tentang Yerusalem yang baru itu dilihat oleh Rasul Yohanes di pulau Patmos. Keindahan kota Yerusalem mencerminkan kehadiran Allah yang memerintah secara abadi atas umat tebusannya. Di masa depan, orang yang diselamatkan oleh Tuhan Yesus akan tinggal untuk selama-lamanya bersama dengan Allah. Inilah sukacita yang luar biasa bagi orang percaya. Apakah Anda menantikan penggenapan janji Tuhan ini?

Pokok Doa
1. Korp Pegawai Negeri Indonesia (Korpri).
2. Pelayanan Gereja terhadap penyandang cacat.
3. Majelis Bidang Sosial Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design