Amsal 5

Bahaya Dosa Perzinahan

12 November 2021
GI Fernandes Lim

Zinah adalah hubungan seks antara pria dan wanita tanpa ikatan pernikahan. Tuhan Yesus menerapkan standar tinggi menyangkut kekudusan seksual, yaitu bahwa dosa zinah telah terjadi bukan saat hubungan seks berlangsung, tetapi saat munculnya keinginan untuk berhubungan seks?dalam pikiran?terhadap lawan jenis yang bukan istri/suami (Matius 5:27-28). Bagian pendahuluan kitab Amsal (Amsal 1-9) beberapa kali membahas tentang bahaya perzinahan (Amsal 2,5,6,7). Pengulangan pembahasan tentang perzinahan ini menunjukkan bahwa dosa perzinahan itu amat berbahaya.

Bahaya pertama perzinahan adalah bisa membutakan akal sehat. Orang yang tergoda untuk berzinah akan mengalami perangkap janji palsu (5:3) yang terdengar manis dan penuh kenikmatan di awal. Namun, itulah perangkapnya! Kepahitan hidup akan dirasakan setelah seseorang jatuh dalam perzinahan (5:4). Penyesalan dan rasa bersalah akan menghantui diri. Perzinahan akan mendatangkan hidup yang tidak stabil, kesesatan, bahkan kematian (5:5-6). Bahaya kedua perzinahan adalah ada harga mahal yang harus dibayar, antara lain merusak reputasi diri (5:9a, kata "keremajaan" menunjuk pada masalah kehormatan). Orang yang berzinah akan merasa sangat malu saat dosanya ketahuan. Perzinahan juga merusak kesehatan (5:11). Perzinahan menimbulkan risiko besar tertular penyakit kelamin yang mengerikan seperti chlamydia, syphilis, gonorrhoea, genital herpes, Hepatitis B, dan AIDS. Selain itu, perzinahan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan mental berupa penyesalan (5:12-13). Sadarilah bahwa Tuhan akan menggelisahkan hati nurani orang yang berzinah seumur hidupnya!

Bagaimana mencegah terjadinya perzinahan? Hal utama yang harus Anda lakukan adalah mengasihi pasangan (5:15-19). Bangunlah perasaan cinta terhadap pasangan setiap hari. Jangan biarkan ada celah sedikit pun untuk kita bisa tergoda dalam dosa perzinahan. Sadarilah bahwa kepuasan utama dalam kehidupan ini hanya dapat diperoleh di dalam Tuhan yang mengenal hidup kita (5:21). Di luar Tuhan, kenikmatan yang kita rasakan tidak akan memberi kepuasan, melainkan akan membawa kepada penyesalan. Sadarilah betapa berbahayanya dosa perzinahan yang merupakan perangkap Iblis untuk menjauhkan kita dari keindahan hidup ini!

Pokok Doa
1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
2. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).
3. Badan Pekerja Majelis Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design