Kisah Para Rasul 9:32-43

Mujizat yang Memuliakan Allah

11 Juni 2021
GI Purnama

Dalam bacaan Alkitab hari ini, Rasul Petrus membuat dua mujizat yang luar biasa, yaitu menyembuhkan orang lumpuh dan membangkitkan orang mati. Akan tetapi, dalam kedua mujizat itu, jelas bahwa Tuhan Yesus yang dimuliakan, bukan Rasul Petrus . Pada mujizat pertama, Rasul Petrus mengatakan, "Eneas, Yesus Kristus menyembuhkan engkau; ...." Jelas bahwa Rasul Petrus tidak mengatakan, "Aku menyembuhkan engkau!" Dengan demikian, penghormatan diberikan kepada Tuhan dan hasilnya adalah bahwa semua penduduk Lida dan Saron berbalik kepada Tuhan (9:33-34). Pada mujizat kedua, jelas bahwa yang menjadi pusat perhatian adalah Tabita atau Dorkas, seorang perempuan yang banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah. Kebaikannya membuat kematiannya ditangisi oleh banyak orang yang berhutang budi kepadanya. Sebelum membangkitkan Dorkas, Rasul Petrus berlutut dan berdoa. Oleh karena itu, saat dia membangkitkan Dorkas, jelas bahwa kuasa untuk membangkitkan itu bukan berasal dari diri Rasul Petrus, tetapi berasal dari Tuhan. Peristiwa ini juga membuat banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan (9:40-42).

Pada zaman ini, ada banyak orang yang mengaku memiliki karunia untuk menyembuhkan. Akan tetapi, kita perlu memperhatikan dengan teliti apakah mereka yang mengaku memiliki karunia penyembuhan itu memuliakan Allah atau dirinya sendiri! Sesudah Rasul Petrus menyembuhkan Eneas yang lumpuh dan membangkitkan Dorkas dari kematian, tidak ada pemujaan terhadap Rasul Petrus. Respons yang terlihat adalah bahwa banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan Yesus (9:35,42). Bagaimana dengan para pembuat mujizat yang Anda kenal: Apakah para pembuat mujizat itu membuat banyak orang datang kepada Yesus Kristus? Apakah para pengkhotbah populer yang menjadi idola Anda membuat banyak orang datang kepada Kristus? Ingatlah bahwa mujizat dan tanda yang menyertai pemberitaan Injil bukan dimaksudkan untuk memuliakan si pembuat mujizat, melainkan untuk memuliakan Yesus Kristus dan membawa banyak orang kepada keselamatan yang tersedia di dalam Yesus Kristus! Apakah kehidupan Anda telah membuat orang lain tertarik untuk datang kepada Yesus Kristus? Seandainya Anda ingin menjadi pembuat mujizat, apakah Anda benar-benar ingin memuliakan Allah melalui mujizat itu?

Pokok Doa
1. Pegawai Negeri Sipil.
2. Pengentasan Kemiskinan.
3. Majelis Bidang Sosial Sinode GK.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design