Yesaya 61

Tahun Rahmat TUHAN

23 Januari 2021
GI Purnama

Seperti sebagian nubuat lain dalam Alkitab, penggenapan nubuat tentang tahun rahmat TUHAN bisa menunjuk kepada berbagai peristiwa yang berbeda. Kita tidak mengerti apakah nubuat ini memiliki relevansi dengan kondisi saat Nabi Yesaya masih aktif melayani. Akan tetapi, nubuat ini lebih cocok dilihat sebagai nubuat tentang masa depan. Penggenapan paling dekat adalah menunjuk kepada kembalinya bangsa Yehuda dari pembuangan. Bagi umat Yehuda yang hidup pada masa pembuangan di Babel, nubuat ini merupakan sumber pengharapan dan penghiburan karena mereka memiliki kerinduan untuk kembali ke Tanah Perjanjian serta menjalani kehidupan--termasuk ibadah--yang normal, bukan sebagai rakyat yang terjajah yang harus mengikuti aturan si penjajah. Sesudah kembali ke Tanah Perjanjian pun, umat Yehuda masih tetap berada di bawah kekuasaan bangsa penjajah, yaitu berturut-turut bangsa Media-Persia, bangsa Yunani, dan bangsa Romawi. Oleh karena itu nubuat Nabi Yesaya ini terus mengobarkan pengharapan bagi umat Yehuda untuk bisa hidup sebagai bangsa yang merdeka. Pada masa Perjanjian Baru, jelas bahwa nubuat Nabi Yesaya ini terutama menunjuk kepada pelayanan Tuhan Yesus, Sang Mesias itu, yang membebaskan manusia dari kuasa dan hukuman dosa (61:1-2; Lukas 4:18-19). Selain itu, nubuat ini juga menunjuk kepada keselamatan sepenuhnya yang akan digenapi pada akhir zaman (bandingkan 61:10 dengan Wahyu 21:2). Pada masa kini, tahun rahmat TUHAN ini masih berlaku karena masih amat banyak orang yang hidup dalam penjajahan kuasa dosa, sehingga mereka semua memerlukan pembebasan yang hanya bisa dikerjakan oleh Yesus Kristus, Sang Mesias itu.

Dalam rangka pembebasan manusia dari kuasa dan hukuman dosa, umat Allah harus berperan sebagai imam TUHAN dan pelayan Allah (Yesaya 61:6). Sebagai Imam TUHAN, kita bertanggung jawab untuk menaikkan doa syafaat bagi mereka yang masih berada di bawah penjajahan dosa. Sebagai pelayan Allah, kita bertanggung jawab untuk memberitakan tentang datangnya Tahun Rahmat TUHAN. Apakah Anda sudah dibebaskan dari kuasa dan hukuman dosa? Bila Anda sudah mendapat pembebasan dari dosa dan menjadi anggota umat TUHAN, apakah Anda sudah memberitakan tentang datangnya Tahun rahmat TUHAN itu kepada orang yang berinteraksi dengan Anda?

Pokok Doa
1. Pegawai Negeri Sipil.
2. Pengentasan Kemiskinan.
3. Majelis Bidang Sosial Sinode GK.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design