Minggu, 31 Agustus 2014

Pola Hidup Illahi

31 Agustus 2014
Minggu, 31 Agustus 2014


Bacaan Alkitab hari ini: 2 Tesalonika 3


Hidup yang dipenuhi dengan penghiburan dan pengharapan illahi (renungan 2 Tesalonika 2) akan menghasilkan pola hidup illahi. Ini adalah pola hidup yang dibangun dari pengertian yang benar akan ajaran firman Allah.

Dalam pasal 3, ada dua prinsip pola hidup illahi. Pertama, Prinsip “menjauh”. Paulus berpesan agar jemaat menjauhkan diri dari setiap saudara yang tidak melakukan ajaran yang benar (3:6), bahkan menandai dan jangan bergaul dengan mereka (3:14). Prinsip ‘menjauh’ adalah prinsip yang diremehkan pada zaman ini. Namun, perlu dipahami alasan di balik prinsip ini. Kenyataan akan lemahnya manusia dan kuatnya tarikan dosa merupakan hal yang tidak bisa dipungkiri. Ingatlah, “Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik (1 Korintus 15:33). Tentu saja ini tidak berarti kita memusuhi mereka, melainkan kita justru harus menasehati mereka dalam Tuhan sebagai seorang saudara (3:12, 15).

Kedua, prinsip “mengikuti”. Teladan Paulus harus diikuti oleh jemaat Tesalonika (3:7). Jemaat pada zaman ini harus memperhatikan Ibrani 12:1, “... kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita”. Ayat ini dilanjutkan dengan, “Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus , yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan.” Mari kita selesaikan perlombaan iman ini. Jalanilah kedua prinsip pola hidup illahi, dan anugerah Tuhan akan menyertai kita. [TE]

2 Tesalonika 3:6-7

“Tetapi kami berpesan kepadamu, saudara-saudara, dalam nama Tuhan Yesus Kristus, supaya kamu menjauhkan diri dari setiap saudara yang tidak melakukan pekerjaannya dan yang tidak menurut ajaran yang telah kamu terima dari kami. Sebab kamu sendiri tahu, bagaimana kamu harus mengikuti teladan kami, karena kami tidak lalai bekerja di antara kamu”
Pokok Doa
1. Kesehatan Mental Remaja Indonesia.
2. Yayasan Gema Kasih Yobel.
3. Badan Pekerja Majelis Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design