Sabtu, 16 Agustus 2014

Bersukacita Karena Allah yang Sejati

16 Agustus 2014
Sabtu, 16 Agustus 2014


Bacaan Alkitab hari ini: Yeremia 51


Peperangan antar kerajaan pada zaman dahulu bukan sekedar untuk menguasai wilayah kerajaan lain, tetapi juga untuk menunjukkan kehebatan atau kekuatan ilah yang mereka sembah. Rasa malu bagi kerajaan yang ditaklukkan bukan sekedar rasa malu menjadi tawanan, tetapi malu karena ilah mereka kalah. Oleh karena itu, ketika Babel mengalahkan umat Tuhan dan bangsa-bangsa lain, mereka menganggap dewa yang mereka sembah lebih hebat daripada dewa-dewa bangsa lain.

Allah menjatuhkan hukuman kepada Babel bukan semata-mata karena perbuatan Babel terhadap umat Tuhan (51:49), melainkan juga karena sudah waktunya untuk menunjukkan bahwa Allah Israel adalah Allah yang benar yang lebih berkuasa dibandingkan dengan dewa-dewa lainnya. Ayat 44 dan 47 menunjukan bahwa Allah Israel adalah Allah yang sejati yang menaklukan dewa Babel dan menghukum patung-patungnya.

Peristiwa penghukuman ini juga merupakan jawaban doa umat Allah yang berseru karena penderitaan akibat penindasan Babel (51:34-35). Melalui jawaban doa ini, Allah ingin umat-Nya bersukacita atas diri-Nya dan timbul pengharapan dalam hati mereka (51:50).

Allah ingin supaya umatNya menyaksikan segala yang diperbuatNya dan memuji nama-Nya karena umat-Nya memiliki Allah yang sejati. Demikian juga dengan kita saat ini. Allah kita adalah Allah yang sejati yang ingin agar kita memuji-Nya dan bersukacita atas pengharapan yang diberikan-Nya melalui perbuatan-Nya mengasihi kita di dalam Tuhan Yesus Kristus yang menebus kita dari dosa.

Sesungguhnya, di dunia ini tidak ada yang seperti Allah yang kita sembah dalam Yesus Kristus, yang telah turun ke dunia untuk menyelesaikan masalah dosa supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya diselamatkan. [LH]

Yeremia 51:44a
“Aku akan menghukum dewa Bel di Babel, dan akan mengeluarkan dari mulutnya apa yang ditelannya.”
Pokok Doa
1. Badan Narkotika Nasional RI.
2. Lembaga Rehabilitasi Pecandu Narkoba.
3. Majelis dan Staf Bidang PI Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design