1 Tawarikh 20

Pahlawan Yang Gagah Berani

21 Januari 2022
GI Tommy Chendana

Profesor Sarah Catherine Gilbert adalah ahli vaksinologi dari Jenner Institute dan Nuffield Department of Clinical Medicine, Universitas Oxford. Beliau merupakan salah satu formulator atau penemu vaksin Covid-19 yang diberi nama AstraZeneca. Keberhasilan Sarah Gilbert tidak terlepas dari dukungan tim risetnya yang luar biasa. Di antara anggota timnya, ada dua ilmuwan muda asal Indonesia, yaitu Carina Citra Dewi Joe dan Indra Rudiansyah. Tim ini bekerja tujuh hari seminggu dengan durasi lebih dari 12 jam sehari tanpa libur agar vaksin Covid-19 bisa segera digunakan di seluruh dunia.

Keberhasilan Daud dalam mengalahkan musuh-musuh Kerajaan Israel tidak terlepas dari dukungan para panglima perangnya yang hebat. Di pasal ini, beberapa nama panglima disebutkan, antara lain Yoab yang mengalahkan bani Amon, Sibkhai–orang Husa yang mengalahkan orang Filistin di Gezer, Elhanan bin Yair yang mengalahkan Lahmi--saudara Goliat, dan Yonatan–anak Simea, kakak Daud--yang mengalahkan raksasa dengan tangan dan kaki masing-masing berjari enam. Melalui disebutkannya nama-nama mereka, penulis Tawarikh mengungkapkan tiga hal: Pertama, para prajurit mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melindungi kerajaan Israel. Mereka harus taat dan tunduk kepada pimpinan raja karena raja merupakan wakil Allah. Kedua, kerajaan Israel mempunyai kewajiban menghargai para prajurit yang setia kepada kerajaan Israel. Oleh sebab itu, nama mereka dicatat sebagai tanda penghargaan atas jasa-jasa mereka. Ketiga, para prajurit berperang atas nama Tuhan dan membela nama Tuhan. Mereka harus membungkam mulut para musuh yang mengolok-olok nama Israel, dan tentunya juga berarti mengolok-olok nama Tuhan (20:7). Saat Daud menghadapi Goliat, Goliat mengolok-olok orang Israel dan nama Tuhan. Dengan iman, Daud maju dan mengalahkan Goliat, Daud tidak membiarkan nama Allah dicemooh (1 Samuel 17:32-36).

Orang Kristen adalah pahlawan iman yang seharusnya hidupnya menghormati dan menguduskan nama Tuhan. Ketika kita memutuskan untuk menghormati dan menguduskan nama Tuhan, Dia akan menolong kita agar mempunyai keberanian dan bisa mengatasi ketakutan saat iman kita diuji untuk membela nama Tuhan. Apakah Anda telah meneladani para pahlawan iman di dalam Alkitab?

Pokok Doa
1. Organisasi Buruh di Indonesia.
2. Yayasan IPEKA.
3. Staf Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design